Metro Bintan

Sukseskan Gerakan Magrib Mengaji

batampos.co.id – Bupati Bintan, Apri Sujadi menyerahkan insentif triwulan ketiga kepada 2.092 orang saat acara pembinaan guru ngaji, muba-lig, imam, penjaga masjid, dan pelaksana fardu kifayah se-Kabupaten Bintan di dua lokasi berbeda, yakni di Masjid Baitul Makmur, Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara dan Masjid Nurul Iman Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Rabu (24/10).

Apri menyampaikan pemberian insentif merupakan wujud perhatian pemerintah daerah dan komitmen untuk meningkatkan kualitas petugas keagamaan sekaligus pengembangan syariat Islam bagi generasi muda.

”Kita sangat membutuhkan dukungan dari seluruh bapak dan ibu dengan penuh keikhlasan agar bagaimana program yang kita bangun nantinya dapat bermanfaat khususnya bagi generasi muda kita,” ujarnya.

Dia mencontohkan bagaimana program 15 Menit Menga-ji sebelum Jam Belajar digagas, lalu program Gerakan Masyarakat Bintan Magrib Me-ngaji bagi pelajar jenjang TK/RA, SD/MI dan SMP/MTs yang baru saja diluncurkan merupakan suatu atensi pemerintah yang menginginkan agar generasi muda Bintan dapat menjadi generasi yang madani.

”Kita harus memastikan generasi muda kita dapat pengetahuan agama yang cukup sehingga tidak terjerumus dalam kegiatan-kegi-atan negatif. Nanti kita juga akan melaksanakan safari magrib ke masjid dan musala untuk memantau langsung pelaksanaan gerakan masyarakat magrib mengaji,” ujarnya.

Pemerintah daerah membutuhkan dorongan dan kerja sama dari para orangtua, guru ngaji, imam masjid, dan lain-lainnya, agar secara bersama-sama dapat mengajak anak-anak bisa mengaji setiap pekannya.

Kabag Kesra Kabupaten Bintan Lukman menuturkan, sebanyak 2.092 orang menerima insentif triwulan ketiga. Terdiri dari 188 orang imam masjid, 188 orang penjaga masjid, 387 orang mubaligh, 329 orang pelaksana fardu kifayah (salah satunya pengurusan jenazah, red), serta 1.000 orang guru ngaji.

Untuk pembagian insentif, kata Lukman, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan melalui Bagian Kesra Setda Kabupaten Bintan telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 1,44 miliar.(met/adv)