Metro Bintan

Sesi Pertama Tes CPNS Bintan, 47 Orang Tidak Lulus

Suasana seleksi CPNS Pemkab Bintan di Kantor BKPPD Bintan di Bintan Buyu, Jumat (2/11/2018). F slamet nofasusanto / batam pos.

batampos.co.id – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan dimulai, Jumat (2/11/2018) pagi di Kantor Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bintan di Kompleks Bintan Buyu.

Sesi pertama ujian berbasis Computer Assisted Test (CAT) ini diikuti 47 peserta, namun belum ada seorangpun yang lulus.

Sedangkan 3 calon peserta lainnya tidak terlihat menyambangi lokasi ujian.

Dari pantauan layar monitor LED di luar ruangan ujian, belum ada seorang peserta yang terlihat lulus dengan nilai di atas nilai ambang batas atau passing grade sesuai diatur dalam Permen PANRB nomor 37/2018 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Pengadaan CPNS 2018.

Dalam Permen tersebut diatur bahwa untuk pelamar jalur umum nilai minimal 143 point untuk Tes Karateristik Pribadi (TKP), Tes Wawasan Kebangsaan (TKW) nilai minimal 75 point, sedangkan untuk Tes Intelegensia Umum (TIU) nilai minimal 80 point.

Salah seorang peserta seleksi CPNS 2018, Agusta keluar lebih awal dengan nilai 226 point. Diakuinya, dirinya kesulitan menyelesaikan soal-soal yang diujikan dalam seleksi CPNS kali ini. Kesulitannya pada TIU, karena kombinasi soal matematika.

“Pasrah hasilnya. Sekarang fokus bekerja saja,” kata dia singkat.

Sementara itu, Kabid Mutasi Kepegawaian BKPPD Ami Rofian menyampaikan, ujian hari pertama digelar tiga sesi.

Sesi pertama telah selesai dilakukan. Hanya terdapat 3 peserta yang tak menghadiri untuk mengikuti ujian seleksi CPNS 2018.

“Ketiganya otomatis gugur,” kata dia.

Dikatakannya, sejauh ini belum ada peserta yang nilainya di atas nilai ambang batas yang diatur dalam Permen PANRB.

Ketika dihubungi sore hari, Ami menyampaikan ujian seleksi CPNS 2018 sesi kedua telah selesai dengan diikuti 48 peserta. Sedangkan dalan sesi kedua ada 2 orang tidak datang.

“Kalau tidak salah 2 orang yang nilainya di atas ambang batas. Tapi nanti kita lihat berita acaranya dulu,” kata dia.

Sedangkan sesi ketiga, ada 49 peserta yang mengikuti ujian dan 1 orang tidak hadir. “saat ini sesi ketiga masih berlangsung,” kata dia. (met)