Metro Bintan

Kandidat Calon Kades Tak Lolos, Pendukung Datangi Kantor Desa

Warga saat menyampaikan aspirasi terkait Pilkades di Desa Gunung Kijang, kemarin. F Juwono untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Puluhan warga Kecamatan Gunung Kijang menyambangi Kantor Desa Gunung Kijang Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan Rabu (7/11/2018) pagi.

Kedatangan mereka karena salah satu calon kepala desa (cakades) tidak lolos seleksi. Oleh karena itu, mereka meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan mengevaluasi hasil
Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Gunung Kijang.

“Panitia sudah tidak netral. Kami minta pemerintah mengevaluasi hasil Pilkades di Gunung Kijang dalam waktu 7 x 24 jam,” ujar seorang warga dengan suara lantang.

Ketua Panitia Pilkades di Desa Gunung Kijang Mahlinur Siregar menjelaskan, ada 10 calon kepala desa (cakades) yang mendaftar. Oleh panitia Pilkades, 10 cakades tersebut dinyatakan lolos seleksi administrasi. Kemudian berkas 10 cakades diserahkan ke Pemkab Bintan untuk tahapan selanjutnya. Dimana cakades mesti menjalani ujian mengenai ilmu pemerintahan, tertulis maupun ujian wawancara.

Dari 10 calon kades, cuma 5 cakades yang dinyatakan lolos seleksi. Kelimanya ialah Lanade, Fransiskus Waso, Idris, Maga dan Sukur.

Sedangkan 5 cakades lainnya tidak lolos seleksi, yakni Sujarwo, Daniel, A Zaini, Mohadi dan Agus Mohana.

“Selama ini panitia sudah membantu bila ada berkas cakades yang kurang agar dikengkapi. Namun, kalau tidak lolos seleksi di kabupaten, silakan tanya ke kabupaten,” jelasnya.

Kanit Reskrim Polsek Gunung Kijang Aiptu EL Manik menyampaikan, sebenarnya bukan demo namun masyarakat menyampaikan aspirasi ke pemerintah terkait salah satu calon ada yang tidak lolos seleksi Cakades.

“Bukan demo, cuma menyampaikan aspirasi,” singkatnya. (met)