Metro Bintan

KPU Bintan dan Disdukcapil Turun ke Pulau untuk …


KPU dan Disdukcapil saat turun ke Kecamatan Mantang untuk melakukan perekaman e KTP bagi pemilih pemula, Rabu (7/11). F KPU untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bintan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bintan melakukan kunjungan ke Desa Mantang Kecamatan Mantang, Rabu (7/11/2018).

Tujuannya untuk melakukan perekaman E KTP bagi pemilih pemula yang ada di sekolah di sana.

Sekretaris Disdukcapil Bintan Irianto menjelaskan, perekaman dilakukan di kantor camat. Dikatakannya, ini merupakan langkah Disdukcapil dengan menjemput bola untuk menjaring anak-anak sekolah usia 17 tahun di pulau yang belum melakukan perekaman e KTP.

“Sasaran kita anak-anak sekolah yang sudah berusia 17 tahun yang memiliki hak suara sehingga mereka bisa memilih nanti pada Pemilu serentak,” kata dia.

Selain pemilih pemula, dia mengatakan, warga yang belum melakukan rekam E KTP juga menjadi sasarannya. “Kami ingin Pemilu nanti sukses,” harap dia.

Sementara itu, Komisioner KPU Bintan Divisi Perencanaan dan Data, Haris Daulay mengatakan kegiatan tersebut dalam rangka mengakomodir pemilih pemula yang akan didaftarkan sebagai pemilih.

Dia menjelaskan kegiatan tersebut sebagai tindaklanjut koordinasi dalam menghadapi pemilu. Ditambahkannya lancarnya acara juga karena dukungan pihak Kecamatan Mantang dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Mantang dengan berkoordinasi dengan pihak SMAN 1 Mantang.

“Ada 62 siswa calon pemilih pemula, dengan 10 siswa sudah merekam dan 1 orang sakit, sehingga yang dilakukan perekaman sekitar 53 siswa karena ada 2 siswa tambahan warga Mantang,” ujar Haris.

Sementara itu Kasubbag Program dan Data KPU Bintan, Hariyo Setiyo Pambudi mengatakan, setelah SMAN 1 Mantang, kedepannya, KPU Bintan bersama Disdukcapil dan Bawaslu Bintan akan melakukan perekaman ke sekolah di Teluk Bintan dan Bintan Pesisir dalam beberapa hari ke depan.

“Akan berlanjut ke kecamatan lainnya untuk perekaman,” tutup Hariyo. (met)