Metro Bintan

Program Akta Kelahiran Gratis di Bintan Capai 85 Persen

Bupati Bintan Apri Sujadi menandatangani berkas yang terkait laporan Disdukcapil Bintan, belum lama ini. F kominfo untuk Batam Pos.

batampos.co.id – Bupati Bintan Apri Sujadi menyebut untuk persentase penerbitan akta kelahiran di Kabupaten Bintan usia anak 0 hingga 18 tahun sudah mencapai 85 persen.

Dikatakannya, akta kelahiran anak merupakan kewajiban untuk pemenuhan kebutuhan administrasi anak sehingga dapat memperoleh pelayanan dari pemerintah.

“Pelayanan akta kelahiran anak, terus kita benahi,” kata dia.

Selain itu, pihaknya juga memberikan program untuk melahirkan gratis biaya persalinan bagi anak pertama dan kedua di RSUD Bintan yang terproteksi baik melalui Jampersal maupun Perbup Nomor 35 tahun 2016.

“Kita juga akan berikan sertifikat penghargaan dari Pemkab khususnya untuk Camat, Lurah atau Kepala Desa yang giat mendukung program ini,” ujarnya.

Data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bintan bahwa dari 57.113 anak usia 0 – 18 tahun, 85 persen anak diantaranya sudah memiliki Akta Kelahiran.

“Program akta lahir cepat mulai dari bayi usia 0 – 60 hari, kita terima data dari pihak kecamatan dan langsung kita proses, bahkan saat ini kita sudah meletakkan operator yang bekerja dengan rumah sakit RSUD Kabupaten Bintan guna proses setiap akta lahir untuk bayi yang lahir di sana,” tutupnya. (met)