Metro Bintan

Pilkades di Bintan Serentak Digelar Hari Ini

batampos.co.id – Sekitar 200 lebih personel Kepolisian Resor (Polres) Bintan diterjunkan di 49 Tempat Pemunggutan Suara (TPS) yang ada di tujuh kecamatan di Kabupaten Bintan untuk pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 12 desa di Bintan, Rabu (21/11).

Kabag Ops Polres Bintan Kompol Robinson Sembiring yang dihubungi, Selasa (20/11) siang menuturkan, Polres Bintan akan mengerahkan 2/3 kekuatan untuk pengamanan Pilkades serentak di Kabupaten Bintan.

”Besok (hari ini) kami akan menurunkan sekitar 200 lebih personel baik Polres maupun Polsek untuk pengamanan khusus,” kata Robinson.

Dia mengatakan, setiap TPS akan dijaga dua personel polisi, sedangkan TPS yang dinilai rawan akan dijaga tiga personel polisi. Sejauh ini, dari 49 TPS, ada dua TPS yang dinilai rawan.

Dikatakannya juga, pengamanan dilakukan jajarannya dari Polres dan Polsek yang ditempatkan di masing-masing TPS. Jika situasi di TPS berubah menjadi tidak terkendali, ia mengatakan tak menutup kemungkinan akan meminta bantuan TNI.

”Semoga berjalan dengan lancar dan damai karena calon-calon kepala desa sudah sepakat menjalani semua tahapan pilkades baik sebelum dan sesudahnya dengan aman, tertib dan damai,” tutup dia.

Sebelumnya, Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang mengajak sejumlah calon kepala desa (cakades) dan pendukung, juga Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) untuk menyukseskan Pilkades serentak di 12 desa. Boy juga mengajak semua pihak melak-sanakan Pilkades dengan damai dan tertib, baik sebelum maupun sesudah pelaksaaan.

“Kepada pemenangnya mesti menjalankan program desa untuk kepentingan masyarakat,” kata dia. Adapun, 12 desa yang akan melaksanakan pesta demokrasi tingkat desa yakni Desa Sebong Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong, Desa Pangkil, Penaga dan Tembeling di Kecamatan Teluk Bintan, Desa Teluk Sasah, Busung di Kecamatan Seri Kuala Lobam, Desa Gunung Kijang, Kecamatan Gunung Kijang.

Lalu Desa Mentebung dan Kampung Hilir Tambelan, Desa Toapaya Utara dan Selatan, Kecamatan Toapaya, Desa Kelong, Kecamatan Bintan Pesisir. Sedangkan Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan tidak jadi melaksanakan. (met)