Metro Bintan

Data Calon Penumpang akan Terekam di Database

ASDP Ujicoba Tiket Elektronik

 

Barrier Gate yang dipasang di loket tiket Pelabuhan ASDP Tanjunguban. F. Slamet / Batam Pos.

batampos.co.id –  PT ASDP Cabang Batam melakukan uji coba penerapan sistem tiket elektronik atau e tiket dengan memasang Barierr Gate baik di pintu masuk Pelabuhan ASDP yang ada di Telagapunggur Batam maupun di Tanjunguban Bintan.

Supervisi ASDP Tanjunguban, Astuni kepada Batam Pos, Jumat (23/11) menuturkan, penerapan tiket elektronik masih diujicoba. Setelah lulus ujicoba, sistem tiket elektronik ini akan mulai diterapkan di pelabuhan ASDP baik di Telagapunggur dan Tanjunguban.

“Insha Allah pekan depan. Atau selambatnya akhir bulan ini sudah mulai. Jadi yang gak punya tiket elektronik, gak bisa masuk ke pelabuhan. Kami ingin kawasan ini menjadi zona steril dan tertib,” kata dia.

Dijelaskannya, keunggulan sistem tiket elekteonik ialah data penumpang terekam dalam database yang terkoneksi ke server kantor ASDP cabang.

“Setelah membeli tiket dan terekam datanya di database, barrier gate akan terbuka. Sebelum ke kapal juga akan dilakukan pemeriksaan dengan scanner kerena di tiket elektronik sudah ada barcodenya,” jelasnya menambahkan ke depan, pihak ASDP akan menerapkan sistem e money untuk memudahkan bagi penumpang.

Selain itu, dia juga mengatakan, pihaknya akan membuat jalur khusus pejalan kaki. Jalur ini terpisah dari jalur kendaraan. Saat ini lagi dibangun atap untuk jalur pejalan kaki, sehingga saat antre calon penumpang tak akan kepanasan.

“Loket penjualan tiket juga akan dibuat tersendiri,” kata dia.

Ia berharap jalur bagi calon penumpang pejalan kaki bisa selesai dikerjakan sebelum perayaan Natal. Tak hanya itu, tahun depan PT ASDP juga sudah merancang untuk menambah dermaga baru di dekat gedung lama.

Gedung lama ini nantinya akan dijadikan lokasi parkir kendaraan. “Kami selalu komitmen membenahi pelayanan agar penumpang kapal RoRo mendapatkan kenyamanan,” tutup dia. (met)