Metro Bintan

Alam, Sport Tourism Jadi Keunggulan Wisata Bintan

Bupati Bintan Apri Sujadi menjadi nara sumber Wajah Indonesia 2019 di Grand Studio Metro TV, Jakarta, Jumat (24/11).

batampos.co.id – Menteri Pariwisata Republik Indonesia (RI), Arief Yahya menyebut kabupaten Bintan berhasil mengkreasikan dan memadukan keindahan alam, olahraga dan pariwisata menjadi tiga destinasi yang diunggulkan.

Tidak heran event – event sport tourism bertaraf international yang digelar di Kabupaten Bintan sukses hingga menarik ribuan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bintan.

“Bintan salah satu daerah di Indonesia yang sukses mengembangkan potensi keindahan alam dengan sports tourism sehingga menjadi  3 destinasi yang diunggulkan bagi Indonesia setelah Bali, Jakarta dan Kepri (termasuk Bintan),” ujarnya saat menjadi nara sumber Wajah Indonesia 2019 di Grand Studio Metro TV, Jakarta, Jumat (24/11) sore.

Selain Arief Yahya, juga ada nara sumber lainnya Bupati  Bintan Apri Sujadi, Ketua Indonesia Asian Para Games 2018 Organizing Committee (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari, dan Artis/Sports Enthusias Melanie Putria.

Sementara Bupati Bintan Apri Sujadi menceritakan bagaimana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan dan sejumlah internasional Event Organizer (EO) mampu mengemas sports tourism menjadi sebuah keunggulan.

Contohnya event sport tourism Tour de Bintan,  Ironman 70.3, Bintan Triathlon yang mampu mendatangkan ribuan wisatawan asing ke Kabupaten Bintan.

Karena setiap partisipan sport, peserta selalu membawa anak dan istri.

“Belum lagi supporternya yang ikut,” kata dia.

Ia juga berjanji, akan terus mengembangkan sektor sport tourism yang ada di Kabupaten Bintan. Dimulai venue, akomodasi termasuk hotel dan penginapan hingga menggelar berbagai acara menarik yang bakal setiap tahunnya untuk menarik lebih banyak kunjungan wisatawan mancanegara.

Saat ini setidaknya ada 10 event internasional yang digelar setiap tahunnya. Antara lain International Bintan Marathon (IBM), Wonderful Sail to Bintan, Moon Run, Kasmarun dan event lain sebagainya.

“Itu di luar event nasional dan lokal,” ujarnya.

Adanya event – event ini, dia optimis sudah pasti menarik lebih banyak wisatawan untuk datang ke Bintan. (met)