Metro Bintan

Jangan Campuradukkan Reses dan Kampanye

Peringatan bagi Anggota Dewan yang Caleg

 

Ketua Bawaslu Kabupaten Bintan Febriadinata. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

 

batampos.co.id –┬áKetua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bintan Febriadinata mengingatkan anggota dewan yang mengikuti kontestasi pencalegan untuk tidak mencampuradukkan reses dan kampanye. Terlebih bulan Desember 2018 nanti memasuki masa reses bagi anggota DPRD di Kabupaten Bintan.

“Saya ingatkan anggota dewan yang menjadi caleg jangan menyisipkan kegiatan kampanye di dalam reses, karena masalah itu bisa dibawa ke ranah hukum karena tindak pidana pemilu diatur dalam undang-undang Pemilu,” ujarnya, Minggu (25/11).

Dijelaskannya, reses anggota dewan dibiayai anggaran negara. Selain itu reses juga dimaksudkan untuk menyaring aspirasi masyarakat. Oleh karena itu, anggota dewan tidak boleh memanfaatkan anggaran reses untuk kampanyenya.

Karena ini berpotensi rawan terjadi, ia mengatakan pihaknya akan menyurati sekretariat DPRD Kabupaten Bintan untuk mendapatkan jadwal reses anggota dewan sehingga pihaknya bisa akan meningkatkan pengawasan.

“Jika diminta sama dewan, kami siap menyampaikan soal aturan – aturannya,” tutup dia.

Hal senada diingatkan oleh Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Bintan Dumoranto Situmorang.

“Ingat, bagi anggota dewan yang melaksanakan reses jangan ditunggangi kegiatan kampanye. Lakukan saja reses sesuai aturannya karena kami akan selalu melakukan pengawasan,” tutup dia.

Sebagaimana diketahui, sebagian besar anggota DPRD di Kabupaten Bintan kembali mencalonkan kembali dalam Pileg 2019. Hanya beberapa saja anggota dewan yang tidak kembali maju di Pileg, diantaranya Lamen Sarihi dan Arif Jumana. (met)