Metro Bintan

BMKG : Nelayan Harus Waspada

Tinggi Gelombang Capai 2,5 meter

batampos.co.id – Pertengahan Desember nanti, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang memprediksi sudah memasuki musim angin utara.

BMKG Tanjungpinang mengingatkan nelayan dan pengguna jasa angkutan transportasi laut tetap waspada dengan ketinggian gelombang berkisar 1 hingga 2,5 meter.

Kepala BMKG Tanjungpinang Dhira Utama menjelaskan, kondisi saat ini angin bertiup dari barat sampai timur laut dengan kecepatan 5 sampai dengan 25 km/jam.

Dikatakannya, adanya tekanan rendah di bagian barat Kalimantan menyebabkan terbentuknya belokan angin di sekitar Kepri sehingga membentuk awan-awan berpotensi hujan lokal maupun merata dengan intensitas rendah, sedang dan tinggi yang memiliki potensi hujan dengan disertai petir.

“Prospek hujan lebat masih berpeluang terjadi karena sebagian wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan. Kita memperdiksi angin utara untuk wilayah Kepri di perdiksi pertengahan Desember namun untuk sekarang angin masih berubah-ubah,” jelas dia.

Kondisi ini menurutnya, perlu diwaspadai untuk aktivitas darat, laut maupun udara. Dia juga menyebut, ketinggian gelombang di perairan Tanjungpinang, Batam dan Karimun berkisar 0,2 hingga 0,8 meter. Sedangkan di perairan Bintan dan Lingga mencapai 0,2 hingga 1 meter. Kemudian di perairan wilayah utara Natuna dan Anambas mencapai 2,5 meter.

“Waspada terhadap penurunan jarak pandang mendatar dan kenaikan tinggi gelombang laut apabila terjadi hujan lebat,” imbuhnya.

Terakhir ia mengimbau nelayan dan pengguna jasa transportasi laut dan aktivitas kelautan untuk waspada terhadap gelombang laut yang cukup tinggi di wilayah perairan Natuna dan Anambas.(met)