Metro Bintan

Penghasilan Guru Honor Bisa Setara ASN

Mencapai Rp 10 Juta per Bulan

batampos.co.id – Penghasilan pegawai honor bisa setara dengan Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal ini menyusul ditekennya Peraturan Pemerintah (PP) nomor 49 tahun 2018 tentang manajemen pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (P3K) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Di Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bintan saja, ada sekitar 1.524 guru honor, PAUD, SD, dan SMP, dan tenaga administrasi sekolah yang diberi insentif oleh Pemkab Bintan.

Kepala Disdik Kabupaten Bintan, Tamsir membenarkan, PP nomor 49 tahun 2018, tentang manajemen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K), telah ditandatangani Presiden RI, maka terbuka lebar peluang guru dan tenaga honorer yang selama ini umur telah melewati 35 tahun dapat diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak.

“Pemerintah pusat akan mengumumkan, waktu pelaksanaan penerimaan P3K, melalui media elektronik dan media cetak, aturan ketentuan mengenai kuota formasi tiap-tiap daerah akan ditentukan dari pusat,” jelas dia.

Lebih jauh dia menjelaskan, sistem penerimaan P3K sama dengan tes CPNS dengan sistem CAT. Adapun syaratnya Warga Negara Indonesia (WNI), berusia paling rendah 25 tahun dan paling tinggi 61 tahun, tidak pernah memiliki catatan kriminalitas atau berkasus hukum, berkelakuan baik dan memiliki ijazah formal sesuai kualifikasinya serta bersedia ditempatkan di mana saja.

“Jika guru harus S1 pendidikan guru, sesuai kualifikasinya,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk kuota pegawai yg akan dijadikan P3K tiap-tiap daerah tergantung kuota dari pemerintah pusat.

Dia mencontohkan misalnya di Disdik Kabupaten Bintan ada sekitar 1.542 orang, namun tidak seluruhmya akan diangkat menjadi P3K.

Lalu bagaimana dengan pegawai honor yang tak lulus seleksi? Ia mengatakan, pemerintah daerah akan tetap akan memberikan insentif bagi pegawai honor yang tidak dapat diangkat menjadi P3K.

Disinggung soal penghasilan P3K? Ia menjelaskan, beda pegawai ASN dengan P3K, dari segi penghasilan atau gaji.

“Beda pegawai ASN dengan P3K. Kalau dari segi penghasilan atau gaji sama dgn ASN lainya bedanya P3K tidak menerima pensiun,” kata dia.

Tamsir memperkirakan penghasilan guru P3K bisa setara guru ASN.

Dia mencontohkan seorang guru ASN golongan 3A memiliki penghasilan Rp 3 hingga Rp 4 juta, lalu ditambah sertifikasi guru bila yang sudah lulus kompetensi dengan besaran gaji pokok dan tunjangan fungsional lain dari pemda, maka jumlah yang diterima bisa sekitar Rp 10 juta.

“Penghasilan guru P3K bisa setara ASN, namun untuk menjadi P3K harus melewati ujian CAT seperti ujian ASN juga. Kemudian karena sistemnya kontrak, setiap tahun ada evaluasi,” tutup dia. (met)