Metro Bintan

1.536 Wanita Periksakan Kanker Serviks

Ketua TP PKK Kabupaten Bintan, Deby Maryanti Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Wanita di Kelurahan Sei Lekop, Kecamatan Bintan Timur, Selasa (4/12) siang. F.Kominfo untuk Batam Pos

 

batampos.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bintan mencatat hingga Oktober 2018, sudah sebanyak 1.536 wanita mengikuti pelayanan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara secara gratis di seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Bintan setiap Kamis.

Ketua TP PKK Kabupaten Bintan Deby Maryanti menuturkan, wanita wajib memeriksakan diri untuk mencegah penyakit kanker serviks dan kanker payudara.

Untuk itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan mengimbau kepada masyarakat untuk memeriksakan kanker serviks dan payudara sebagai bagian dari pencegahan dini untuk membantu masyarakat khususnya kaum ibu-ibu terhadap bahaya kanker serviks dan kanker payudara.

“Alhamdulillah hingga saat ini antusiasme masyarakat masih sangat tinggi. Tahun 2017 yang lalu , ada 1.445 ibu-ibu yang ikut serta, partisipasi ini terus meningkat hingga Oktober 2018 saja sudah 1.536 ibu-ibu yang ikut serta,” ujarnya saat Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Wanita di Kelurahan Sei Lekop, Kecamatan Bintan Timur, Selasa (4/12) siang.

Sebagai seorang wanita dan ibu rumah tangga, dirinya sangat menyadari dan terus mengingatkan masyarakat tentang bahaya inspeksi visual asam (IVA) atau Kanker mulut rahim (kanker serviks).

“Saat ini, IVA atau lebih dikenal dengan nama Kanker Serviks menjadi konsen kegiatan PKK. Kami intens menyosialisasikan agar masyarakat mengetahui risiko dan cara mengatasinya,” ujarnya.

Ia menyebutkan kanker leher rahim merupakan kanker terbanyak yang diderita perempuan di Indonesia. Bahkan, ia mengatakan pepatah “mencegah lebih baik dari pada mengobati” senada dengan moto penyuluhan bahaya IVA yang terus didengungkannya. (met)