Metro Bintan

ASN Dilarang Kampanyekan Caleg

Bawaslu Sosialisasi Tahapan Pemilu 2019

Sosialisasi tahapan Pemilu 2019 oleh Bawaslu Kabupaten Bintan di Hotel Aston Tanjungpinang, Rabu (5/12). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

 

batampos.co.id –┬áBadan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bintan mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Bintan tidak bermain-main pada masa kampanye.

“Bawaslu mengibaratkan ASN seperti patung. Tidak boleh berpolitik, sekalipun memiliki hak suara,” ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Bintan, Febriadinata dalam sosialisasi tahapan Pemilu 2019 yang dilaksanakan di Hotel Aston Tanjungpinang, Rabu (5/12) sekitar pukul 09.00 WIB.

Febri mengatakan, saat ini Bawaslu Kabupaten Bintan  bersama KPU Bintan telah melakukan pengawasan sangat ketat saat kampanye atau sosialisasi baik di dunia maya maupun di dunia nyata.

Oleh karena itu, lelaki yang akrab disapa Febri ini mengingatkan supaya ASN tidak aktif saat kampanye caleg misalkan dengan tidak menggunakan atribut partai politik.

“Silakan datang, tapi tidak boleh pakai baju partai. Tidak boleh juga memakai baju dinas saat ada kampanye,” tegas dia.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kabupaten Bintan Ondi Dobi Susanto mengatakan, ASN tidak boleh berafiliasi dengan partai politik atau peserta pemilu.

Ia mencontohkan, misalkan di dunia maya, ASN tidak boleh memposting hal yang berbau kampanye.

“Jangankan memposting, komentar atau nge-like saja tidak boleh,” kata dia.

Karena itu, ASN tidak boleh aktif terlibat dalam masa kampanye meskipun istri atau suaminya mencalonkan diri sebagai calon legislatif (caleg).

“ASN Tidak boleh mengajak atau mempengaruhi masyarakat untuk memilih istri atau suaminya. Jadi cuma boleh datang kampanye tapi tidak mengkampanyekan,” tutup dia.(met)