Metro Bintan

Apri Terima Penghargaan HAM

Berhasil Kurangi Angka Putus Sekolah dan Berantas Buta Aksara

Bupati Bintan, Apri Sujadi menerima penghargaan HAM 2018 dari Kemenkumham di kantor Kemenkumham Jakarta, Selasa (11/12). F. Kominfo untuk Batam Pos

 

batampos.co.id – Sejak dilantik menjadi Bupati Bintan. Apri Sujadi nyaris tidak pernah absen menerima penghargaan Hak Azasi Manusia (HAM) dari Kemenkumham RI.

Selasa (11/12) sore kemarin, Kemenkumham melalui Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) memberikan Penghargaan HAM dalam peringatan Hari HAM sedunia ke-70 di kantor Kemenkumham Jakarta.

Penghargaan tersebut diberikan karena Pemkab Bintan telah memenuhi beberapa kriteria yang ditetapkan oleh Kemenkumham, khususnya dalam pemenuhan hak azasi manusia di berbagai bidang sektor.

Apri mengapresiasi atas raihan penghargaan tersebut. Pada prinsipnya, Pemkab Bintan terus memperhatikan pemenuhan hak azasi manusia di dalam berbagai bidang diantaranya, bidang kesehatan, pendidikan, kerukunan agama, kependudukan dan lainnya.

Penilaian pemenuhan hak azasi manusia juga dinilai terkait tingginya alokasi anggaran bidang pendidikan yang dialokasikan pemerintah daerah guna pemenuhan hak pendidikan, mengurangi angka putus sekolah, memberantas buta aksara, hingga menyiapkan tenaga guru.

Bidang kesehatan, menitikberatkan dalam pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan. Pengalokasian anggaran dalam penempatan tenaga dokter dan medis, serta pemenuhan hak bagi anak sejak lahir.

Bidang perempuan dan anak, menitikberatkan dalam pemberdayaan dan perlindungan perempuan dan anak, mengurangi rasio kekerasan dalam rumah tangga serta menyiapkan program-program konseling bagi keharmonisan rumah tangga.(met)