Metro Bintan

337 Warga Disabilitas akan Nyoblos

Jumlah Pemilih Bintan 103.512 Orang

batampos.co.id – Komisioner KPU Kabupaten Bintan, Haris Daulay memastikan warga disabilitas yang ada di Kabupaten Bintan akan ikut memeriahkan pesta demokrasi dengan menggunakan hak pilihnya baik Pemilihan Legislatif (Pileg) maupun Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Hal ini setelah dilakukan penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) kedua. “Baru Senin kemarin diplenokan,” ujarnya saat dihubungi, Rabu  (12/12).

Daftar pemilih mencakup warga disabilitas antara lain, 94 pemilih tuna daksa, 25 pemilih tuna netra, 58 pemilih tuna rungu, 81 pemilih tuna grahita, serta 79 pemilih disabilitas lainnya.

“Jadi total jumlah pemilih disabilitas ada 337 orang,’ ujarnya.

Haris juga menyampaikan rekapitulasi DPTHP kedua yang ditetapkan oleh KPU Bintan bertambah sebanyak 267 pemilih dari daftar pemilih sebelumnya. Selain itu tempat pemungutan suara (TPS) dari sebelumnya 424 bertambah 1 di Desa Kukup Kecamatan Tambelan hingga menjadi 425 TPS.

Dijelaskannya, perubahan daftar pemilih mengacu pada beberapa komponen data seperti pemilih baru, pemilih ganda internasional, pemilih potensial dan tuna grahita.

Dikatakannya, data ganda internasional Kabupaten Bintan sebanyak 167 orang. Namun, ketika diverifikasi di lapangan diperoleh 59 orang tidak memenuhi syarat untuk dihapus.

“59 orang dihapus datanya, namun selebihnya dipertahankan karena memang sedang di Bintan,” jelasnya.

Haris juga mengatakan pemilih potensial sebelumnya berjumlah 107 pemilih kini aktif sebagai pemilih di DPTHP2.

“Sehingga daftar pemilih terbaru di Kabupaten Bintan berjumlah 103.512 terdiri 52.900 pemilih laki-laki dan 50.612 pemilih perempuan,” tutup Haris. (met)