Metro Bintan

UPT LPMP Kepri Gelar Pemetaaan Mutu Pendidikan dan Seminar

Dorong Sekolah Tingkatkan Mutu Pendidikan

Kepala LPMP Provinsi Kepri, Irwan Safii Nasution menyampaikan sambutan saat pembukaan diseminasi pemetaan mutu dan seminar hasil SPMI di aula LPMP Ceruk Ijuk, Bintan, Jumat (14/12) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Kepri di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI terus mendorong sekolah-sekolah yang ada di Provinsi Kepri meningkatkan standar mutu pendidikan.

Salah satunya digelar kegiatan diseminasi pemetaan mutu dan seminar hasil sistem penjaminan mutu internal (SPMI) di aula LPMP Jalan Tata Bumi Ceruk Ijuk Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan 14 hingga 16 Desember 2018.

Kegiatan ini diikuti peserta dari sekolah-sekolah model yang ada di kabupaten kota di Provinsi Kepri, akademisi dari STAI dan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Balitbang, kasi dan kabid pada Dinas Pendidikan kabupaten kota di Provinsi Kepri, Pengawas Sekolah, Badan Akreditasi Nasional (BAN) Provinsi Kepri, Dewan Pendidikan kabupaten kota, PGRI kabupaten kota di Provinsi Kepri dan tim penjamin mutu pendidikan yang ada di kabupaten kota di Provinsi Kepri.

Ketua Panitia Sapta Mufakat menuturkan, jumlah peserta sebanyak 160 orang. Selama tiga hari, peserta akan mengikuti tiga kegiatan. Dimulai seminar pendidikan 14 hingga 15 Desember 2018. Pameran program inovasi peningkatan mutu pendidikan mulai 15 hingga 16 Desember 2018. Pagelaran seni dan lomba pantun tingkat SMP pada 16 Desember 2018.

Dijelaskannya, kegiatan ini sebenarnya dimaksudkan untuk mendorong sekolah-sekolah yang ada di Provinsi Kepri untuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai 8 standar nasional diantaranya tenaga pendidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, standar biaya dan lain sebagainya.

“Dalam kegiatan ini akan dipetakan kekurangannya untuk dibenahi dan diimplementasi di sekolah supaya (mutu pendidikan) meningkat. Bisa melalui bimbingan teknik (bimtek), sosialisasi atau in house training,” jelasnya.

Setiap tahun, sekolah-sekolah yang ada diminta melakukan pengisian data pokok pendidikan (dapodik) mutu dari setiap standar pendidikan.

“Nanti akan dilihat, apa yang mereka perlu perbaikan. LPMP akan membantu memberikan informasi dan layanan di  bidang administrasi. LPMP juga bermitra dengan dinas pendidikan kabupaten kota di Kepri,” kata dia.

Sementara itu, Kepala LPMP Provinsi Kepri, Irwan Safii Nasution menjelaskan, kegiatan ini merupakan pemetaan mutu pendidikan sekaligus penyebarluasan hasil kerja dan inovasi yang dilakukan berkaitan implementasi SPMI di sekolah-sekolah yang ada di Kepri.

“Jadi, apa yang dilakukan (sekolah-sekolah) selama 1 tahun ini untuk menemuhi standar penjaminan mutu pendidikan,” kata dia.

Bilamana ada kekurangan, LPMP akan membantu pembinaan mulai dari bimbingan teknis, supervisi dan pendampingan.

“Sejauh ini kendalanya di tenaga kependidikan dan sarana dan prasarana. Meskipun belum memenuhi 8 standar nasional namun setiap tahun sekolah-sekolah yang ada di Provinsi Kepri terus melalukan peningkatan (mutu pendidikan),” tutupnya. (met)