Metro Bintan

7 Perusahaan KIB Lobam Donasikan JKN

GM PT BIIE Lobam, Aditya Laksamana bersama Kabid Perluasan dan Kepatuhan BPJS Cabang Tanjungpinang Joko Hartoyo dan perwakilan perusahaan foto bersama usai menandatangani perjanjian kerja sama donasi jaminan kesehatan di wisma BIIE Lobam, Kamis (20/12). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id –┬áPT Bintan Inti Industrial Estate (BIIE) menginisiasi kerja sama antara Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tanjungpinang dengan tujuh perusahaan di Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam.

Kerja sama dituangkan dalam nota kesepahaman terkait donasi jaminan kesehatan bagi masyarakat di wilayah Kecamatan Seri Kuala Lobam yang ditandatangani bersama perwakilan BPJS dan perwakilan dari tujuh perusahaan di wisma Bintan Inti Lobam, Kabupaten Bintan, Kamis (20/12) sekitar pukul 10.00 WIB.

Adapun jumlah penerima donasi jaminan kesehatan sebanyak 130 orang dari 2 kelurahan dan 3 desa di Kecamatan Seri Kuala Lobam. Terdiri 50 orang dibantu oleh PT. BIIE, 35 orang dibantu oleh PT. Singatac, 15 orang dibantu oleh PT CCI Bintan. 10 orang dibantu oleh PT. Centrotec, 10 orang dibantu oleh PT. A & One, 10 orang dibantu oleh PT. Bintan Offshore Marine Centre (BOMC) dan 10 orang dibantu oleh PT. AMC.

Kepala Cabang BPJS Kantor Cabang Tanjungpinang, Lenny Marlina mengapresiasi PT BIIE Lobam yang sudah menginisiasi kerja sama ini. Dia mengucapkan terima kasih kepada tujuh perusahaan yang sudah mendukung program donasi jaminan kesehatan dengan mendaftarkan masyarakat yang belum terdaftar dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kabid Perluasan dan Kepatuhan BPJS Cabang Tanjungpinang Joko Hartoyo mengatakan, masyarakat yang terpilih menerima program donasi jaminan kesehatan ini ialah masyarakat yang benar-benar belum terdaftar dalam JKN.

“Tahapannya panjang sejak tahun 2017 dimulai mengumpulkan data dari kelurahan dan desa, lalu diseleksi dan diverifikasi oleh BPJS,” jelas dia.

Sementara GM PT BIIE Lobam Aditya Laksamana menuturkan, pada intinya PT. BIIE ingin memberikan kontribusi bagi masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan industri Lobam. Salah satunya melalui program donasi jaminan kesehatan.

“Ini pertama kali. Kalau dulu perusahaan menyalurkan CSR-nya sendiri-sendiri. Tapi manajemen baru Bintan Inti ingin ini menjadi kolaborasi satu kesatuan dengan perusahaan lainnya di kawasan,” jelas dia.

Aditya berharap ke depan semakin banyak perusahaan membantu masyarakat melalui program donasi jaminan kesehatan ini. (met)