Metro Bintan

Jelang Tahun Baru, Tingkat Okupansi Hotel di Bintan Capai 90 Persen

batampos.co.id РLibur Sekolah yang bersamaan dengan Libur Natal 2018 dan Libur Tahun Baru 2019 membuat objek  wisata di Bintan dipadati pengunjung. Tingkat okupansi atau hunian hotel di Bintan juga diprediksi mencapai sekitar 90 persen.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan Luki Zaiman Prawira menyampaikan, tingkat okupansi selama Libur Natal 2018 sampai dengan menjelang Tahun Baru 2019 mencapai kisaran 90 persen.

“Jumlah kamar Lagoi dan Trikora berkisar 2.500 dengan tingkat okupansi rata-rata 90 persen,” ujar Luki.

Luki memperkirakan, tingkat hunian hotel di Bintan akan terus tinggi sampai menjelang Hari Raya China atau Imlek.

“Insya Allah full, lanjut menjelang raya china akan ramai lagi,” kata dia.

Dia juga memprediksi sehari pengunjung ke Kawasan Pariwisata Terpadu Bintan Resorts Lagoi mencapai 5 ribu pengunjung. Sedangkan kawasan Pantai Trikora bisa mencapai 3 ribu pengunjung dalam sehari.

Kendati tingginya pengunjung yang berlibur ke pantai, Luki mengimbau kepada pengunjung untuk waspada dengan gelombang tinggi dengan tidak melakukan aktivitas berenang di pantai.

“Objek wisata lainnya tak kalah menarik bisa dikunjungi selain pantai seperti objek wisata BUMDes dan objek wisata pulau,” sebut dia.

Sedangkan kepada pengelola resorts, dia mengimbau untuk memberikan peringatan kepada pengunjung yang melewati batas aman saat beraktivitas di pantai. Resorts juga diwajibkan menyediakan life jacket dan fasilitas pendukung lainnya sebagai sarana aktivitas pengunjung di pantai atau laut.

“Harus ada petugas medis dan menyediakan P3K di pantai. Juga petugas yang bertugas mengawasi aktivitas pengunjung di pantai,” kata dia.

Pada menjelang akhir tahun ini Luki juga mengatakan, di Bintan akan dihelat event KasmaRun di Lagoi Bay pada 31 Desember 2018 mendatang. Event ini akan dimeriahkan pesta akhir tahun dengan gemerlap kembang api.

“Tiap hotel ada juga buat acara pesta tahun baru,” kata dia.

Sementara itu Kasat Polair Polres Bintan AKP Suardi menyampaikan, ada dua pos bergerak disiagakan memantau aktivitas libur Natal 2018 hingga Tahun Baru 2019 di perairan Bintan.

“1 pos bergerak di Tanjunguban, 1 lagi di Kijang. Tiap pos dijaga 2 personel,” sebut dia.

Pihaknya juga memantau aktivitas pengunjung di Pantai Trikora. “Di sana sudah disiagakan petugas baywatch dengan boat untuk memantau aktivitas pengunjung di Pantai Trikora,” kata dia. (met)