Metro Bintan

Pemkab Usulkan Perubahan RTRW KIB Lobam

Agar Industri Skala Kecil Bisa Dibangun

Bupati Bintan, Apri Sujadi saat mengunjungi kawasan industri Bintan, Lobam. F. Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id –¬†Pemkab Bintan akan mengusulkan perubahan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kawasan Industri Bintan (KIB) Lobam . Selama ini KIB Lobam diperuntukkan sebagai kawasan industri berat, ke depan diusulkan menjadi kawasan industri terpadu dengan industri pendukung lainnya.

Bupati Bintan, Apri Sujadi menyampaikan sektor industri di Kabupaten Bintan sebelum tahun 2012 sangat berkembang. Namun sejak 2012 hingga 2014, satu per satu perusahaan yang ada di Kabupaten Bintan tutup.

Seperti di KIB, Lobam. Dia mengatakan, dulunya KIB Lobam berkembang sangat pesat. Dulunya ada sekitar 30 lebih perusahaan yang beroperasi di kawasan ini dengan  mempekerjakan sekitar 15 ribu tenaga kerja.

Namun, saat ini perusahaan yang beroperasi di KIB Lobam cuma 14 perusahaan dengan tenaga kerja mencapai 4 ribu lebih.

Dengan perubahan status RTRW KIB Lobam, Bupati berharap makin banyak investor yang menanamkan modal dan mengembangkan usahanya di sekor industri-industri skala kecil misalnya pabrik pengolahan makanan kemasan dan lainnya.

“Sebenarnya banyak investor yang mau memgembangkan usahanya di Lobam, namun terbentur dengan berbagai aturan dalam RTRW. Makanya kita akan ubah RTRW Lobam agar industri skala kecil bisa dibangun di Lobam,” harapnya.

Dia juga menegaskan, Pemkab Bintan akan terus berupaya memajukan industri di KIB Lobam. Terlebih kewenangan pengawasan ketenagakerjaan telah dikembalikan dari Disnaker provinsi ke Disnaker kabupaten.

“Tahun depan kita akan menempatkan beberapa tenaga pengawas di KIB Lobam,” kata dia.

Selain itu dia berharap pengelola KIB Lobam bisa terus berkoordinasi terkait investasi dan rekrutmen tenaga kerja. Sehingga pihaknya bisa membantu mensosialisasikan perkembangan investasi di KIB Lobam. (met)