Metro Bintan

Hingga November, Labuh Jangkar Tembus Rp 15 Miliar

batampos.co.id –┬áKepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Klas I Tanjunguban Fakhrin Riza mengungkapkan, penerimaan negara bukan pajak (PNBP) labuh jangkar kapal di wilayah UPP Klas I Tanjunguban meningkat dari tahun 2017 sebesar Rp 12 miliar lebih. Hingga bulan November 2018, PNBP yang dipunggut dari kapal – kapal yang labuh jangkar di wilayah perairan Tanjunguban sudah mencapai Rp 15 miliar lebih.

“Targetnya Rp 14 miliar lebih,” kata dia.

Dia memperkirakan, hingga akhir tahun 2018 PNBP labuh jangkar kapal bisa bertambah sekitar Rp 1,3 miliar lebih. Sehingga diprediksi mencapai Rp 16 miliar lebih.

Dijelaskannya, meningkatnya PNBP labuh jangkar kapal karena sejak beberapa bulan terakhir adanya kapal pesiar Dream Cruise yang berlabuh di Perairan Lagoi Tanjunguban Kabupaten Bintan.

“Meningkat dari tahun kemarin. Karena ada kapal pesiar di Lagoi. 1 bulan saja bisa sekitar┬áRp 750 juta. Kalau tidak ada itu, mungkin tidak sampai,” katanya.

Disinggung soal PNBP labuh jangkar kapal akan dikelola Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepulauan Riau.

Dia menjawab, tidak masalah. “Silakan, kita dan Pemprov kan sama-sama pemerintah. PNBP labuh jangkar kan masuk dan untuk negara juga,” tutup dia. (met)