Metro Bintan

Ribuan Mobil Mewah Tertahan di Lobam

Aditya : Sterilisasi Masih Berjalan

Mobil-mobil mewah tujuan Australia yang turun transit di KIB Lobam tepatnya di PT. BOMC, kemarin. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

batampos.co.id – Ribuan mobil yang dibawa dari Jerman tujuan Australia masih disterilisasikan di area PT BOMC, Kawasan Industri Bintan, Lobam.

GM PT BIIE Lobam, Aditya Laksamana mengatakan, sampai saat ini fumigasi sterilisasi dengan metode pengasapan terhadap ribuan mobil yang dibawa kapal kargo dari Jerman masih dilakukan.

“Sekarang sedang berjalan,” katanya.

Aditya menjamin mobil-mobil ini tidak akan keluar dari kawasan karena diawasi oleh berbagai pihak terkait baik kegiatannya maupun lainnya terlebih sudah terpasang CCTv di lokasi pelabuhan. Selain itu juga ada CCTv di pos penjagaan yang langsung terkoneksi dengan Mapolres Bintan.

Fumigasi ini, lanjutnya dikerjakan oleh Sucofindo, BUMN yang bergerak di bidang inspeksi. Dijelaskan fumigasi dilakukan karena jauhnya perjalanan kapal dari Jerman sehingga mesti disterilkan.

Alasan dipilihnya Lobam, karena salah satu investor PT BOMC ialah Australia. Dokumen terkait kegiatan bongkar muat ini sudah lengkap. Yakni memiliki izin dari BP Bintan nomor 175/BP-Bintan.RB/XII/2018 tanggal 20 Desember 2018 dan kedua izin dari Bea Cukai Tanjungpinang nomor S-2826/WBC.04/KPP.MP.02/2018 tanggal 21 Desember 2018 dan manifest angkut lanjut sekitar 3.442 unit mobil. Kegiatan bongkar muat diawasi oleh petugas terkait.(met)