Metro Bintan

KPU Bintan Rekam Data Napi di Lapas

KPU bersama Disdukcapil Kabupaten Bintan melakukan pendataan dan perekaman e-KTP narapidana di Lapas Klas IIA Tanjingpinang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bintan bersama Disdukcapil Kabupaten Bintan melakukan pendataan dan perekaman data e-KTP baik di Lapas khusus Narkotika Klas IIA Tanjungpinang dan Lapas Klas IIA Tanjungpinang.

“Pendataan tersebut sudah dilakukan sejak Senin (31/12) lalu,” ujar Komisioner KPU Bintan Haris Daulay, kemarin.

Setelah mendata narapidana di dua lapas yang berada di Kilometer (Km) 18 Kecamatan Gunung Kijang Kabupaten Bintan, dia mengatakan, sejauh ini sudah 61 narapidana merupakan warga Kabupaten Bintan.

“Sejauh ini sudah ada 36 orang napi di Lapas narkoba, sisanya di Lapas umum,” sebutnya.

Dijelaskannya, pendataan ini dilakukan untuk mengecek status adminduk (administrasi kependudukan) para narapidana tersebut.

“Kami ingin mengecek apakah mereka sudah terdata di server atau belum. Bila belum, akan dilakukan perekaman e-KTP,” jelas Haris.

Hal ini dilakukan menurut dia, untuk memastikan proses pendataan Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) berjalan dengan lancar.

“Karena mereka ini nanti yang menjadi proyeksi ke DPK dan DPTb untuk kepentingan Pemilu 2019 sehingga bisa menyoblos nanti,” katanya.

Dia juga mengatakan, jika narapidana tersebut sudah melakukan perekaman e-KTP namun  hilang, maka KPU Bintan siap memfasilitasi ke Disdukcapil Kabupaten Bintan.

“Kita siap memfasilitasi,” kata dia.

Sementara itu, Kasi Pendataan Disdukcapil Kabupaten Bintan Budiana menjelaskan, pihaknya bersama KPU Kabupaten Bintan melakukan pelayanan perekaman e KTP dengan sistem jemput bola ke Lapas.

“Sebenarnya proses perekaman merupakan bagian dari pelayanan administrasi kependudukan bagi semua masyarakat. Termasuk juga warga binaan yang berada di dalam Lapas,” jelas dia.

Setelah didata, lanjutnya, Disdukcapil menemukan sebagian narapidana sudah melakukan perekaman. Namun sebagian masih dengan KTP SIAKnya.

Untuk warga yang masih KTP SIAK, pihaknya langsung melakukan pendataan dan perekaman e-KTP. (met)