Metro Bintan

2018, Serapan Tenaga Kerja Lokal Capai 11.020 Orang

Bupati Bintan, Apri Sujadi mendampingi Kemenko bidang Perekonomian,
Darmin Nasution saat meresmikan KEK Galang Batang, belum lama ini. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Hingga akhir tahun 2018, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Kabupaten Bintan mencatat jumlah tenaga kerja di sejumlah perusahaan yang ada di Kabupaten Bintan berkisar 35.834 tenaga kerja lokal.

Sedangkan serapan tenaga kerja tahun 2018 sendiri, tercatat tenaga kerja lokal sebanyak 11.020. Hal tersebut naik berbanding dengan serapan tenaga kerja untuk tahun 2017, sebanyak 9.766 tenaga kerja lokal.

“Tahun 2018 serapan tenaga kerja masih lebih tinggi dibanding tahun 2017, namun  masih dibawah tahun 2016 dengan 15.052 tenaga kerja lokal,” ujar Kepala DPMPTSPTK Kabupaten Bintan Hasfarizal Handra, kemarin.

Sementara itu, Bupati Bintan Apri Sujadi menuturkan tahun 2019 ditargetkan akan ada dua dinas baru dalam Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang akan dibentuk. Salah satunya adalah Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bintan hasil pemisahan SOTK dari DPMPTSPTK Kabupaten Bintan.

“Tahun 2019 ini, fungsi Disnaker sudah dikembalikan kewenangannya ke Kabupaten Bintan jika semulanya kewenangan berada di Pemerintah Provinsi Kepri. Program pertama, kita minta agar Disnaker mampu membuat program pelatihan kerja khususnya bagi putra-putri Bintan,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga mengharapkan agar Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bintan mampu mengoptimalkan tenaga kerja putra putri Bintan yang berguna menjawab keluhan masyarakat terkait lapangan kerja.

Dikatakannya, tahun 2015, setidaknya ada 8 perusahaan besar yang tutup sehingga terjadi kebutuhan lapangan kerja di masyarakat. Tahun 2019, kewenangan tenaga kerja sudah beralih ke Kabupaten Bintan, pemerintah provinsi Kepri hanya bertugas dalam hal pengawasan.

“Target kita, Disnaker Bintan nanti mampu  membangkitkan kembali untuk  penyerapan sektor tenaga kerja yang dibutuhkan masyarakat,” tutupnya. (met)