Metro Bintan

Dishub Kepri Kucurkan Rp 33 miliar

Pembangunan Dermaga Pelabuhan Bongkar Muat Tanjunguban

batampos.co.id – Pekerjaan pelabuhan bongkar muat yang berada di Kampung Mentigi Tanjunguban Kecamatan Bintan Utara Kabupaten Bintan dilanjutkan. Tahun 2019, Dinas Perhubungan (Dishub) Kepulauan Riau (Kepri) mengalokasikan sekitar Rp 33 miliar untuk membangun dermaga.

Kadishub Kepri, Jamhur Ismail berharap, Januari 2019 sudah dilelang proyek pembangunan dermaga pelabuhan bongkar muat Tanjunguban.

“Jangan lewat Januari (lelangnya). Sehingga Februari atau awal Maret sudah mulai pekerjaan,” ujarnya di Tanjunguban, Kamis (3/1) siang.

Dia memperkirakan pekerjaan pembangunan dermaga selesai dalam 6 bulan. Sehingga Agustus 2019 mendatang sudah bisa dimanfaatkan.

“Setidaknya kasih pemeliharaan sebulan, Oktober sudah bisa digunakan. Kita akan minta Pak Gubernur untuk meresmikan,” kata dia.

Sedangkan pembangunan fasilitas umum misal musala dan kantor-kantor petugas kepelabuhan seperti kantor dishub,  syahbandar, karantina dan kantor lainnya akan diusulkan tahun 2020.

Dengan dioperasikannya pelabuhan bongkar muat ini, ia berharap, aktivitas bongkar muat yang ada di Tanjunguban bisa dipusatkan di pelabuhan ini. Seperti aktivitas bongkar muat material bahan bangunan yang sejauh ini masih dilakukan di Pelabuhan ASDP Tanjunguban.

“Itu masih menumpang, sebenarnya tidak sesuai peruntukan. Tapi karena pemerintah belum menyediakan pelabuhan, sehingga dengan alasan sosial bongkar muat masih dilakukan di pelabuhan ASDP,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, tahun 2019 ini tahap ketiga Dishub Kepri mengucurkan anggaran untuk membangun pelabuhan bongkar muat Tanjunguban. Tahap pertama tahun 2017 dikucurkan sekitar  Rp 5 miliar, kemudian tahun 2018 dikucurkan sekitar Rp 15 miliar.

Sementara warga Seri Kuala Lobam T Sianturi mengatakan, untuk memperlancar aktivitas bongkar muat barang di Tanjunguban sebaiknya pemerintah bisa menggesa pekerjaan pembangunan bongkar muat Tanjunguban.

“Lebih baik dermaganya didahulukan,” harapnya.

Warga Tanjunguban, Idha  berharap dermaga pelabuhan bongkar muat Tanjunguban ini bisa segera dibangun sehingga bisa dimanfaatkan untuk aktivitas bongkar muat di Tanjunguban.

“Saya juga berharap pelabuhan ini nanti diusulkan menjadi pelabuhan FTZ sehingga memperlancar arus keluar masuk barang khususnya Batam dan Tanjunguban,” harapnya. (met)