Metro Bintan

Kapolres : Alat Keselamatan Wajib Tersedia

Waspadai Cuaca Esktrime

Kapolres Bintan, AKBP Boy Herlambang memeriksa alat keselamatan pelayaran di kapal RoRo Pelabuhan ASDP Tanjunguban, kemarin. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Kepala Kepolisian Resor Bintan AKBP Boy Herlambang melakukan pemeriksaan alat keselamatan berlayar pasca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang mengeluarkan peringatan dini waspada potensi angin kencang dan ketinggian gelombang di perairan Timur Bintan dan Tambelan bisa mencapai 2,5 meter.

“Saya minta utamakan keselamatan pelayaran. Jangan berlayar kalau gelombang besar. Pastikan cuaca aman sebelum berlayar,” katanya kepada nakhoda dan penumpang kapal di pelabuhan ASDP  Tanjunguban, Kamis (3/1).

Boy mewajibkan pemilik kapal menyediakan alat keselamatan mulai life jacket, ban penolong atau Life Buoy dan racun api serta sekoci.

Kapal juga seharusnya dilengkapi sarana navigasi dan komunikasi berupa radio, kompas, dan GPS.

Setelah memeriksa alat keselamatan pelayaran, Boy langsung ke pelabuhan Bulang Linggi Tanjunguban.

Dia mengimbau kepada nakhoda speed boat penumpang tujuan Telagapunggur Batam agar selalu waspada dengan cuaca ekstrim yang terjadi saat ini.

“Kalau tidak memungkinkan berlayar sebaiknya ditunda sampai cuaca benar – benar cerah dan teduh. Penumpang harus terdaftar di manifest dan jangan melebihi muatan,” kata dia sembari memakaikan life jacket kepada seorang penumpang.

Dia juga mengimbau kalau ada kejadian di laut, nakhoda dan penumpang sebaiknya langsung menghubungi call centre Satpolairud Polres Bintan yang sudah tertempel dalam speed boat.

“Kita juga berkoordinasi dengan Syahbandar dan Pelindo serta menyebar spanduk imbauan tentang keselamatan pelayaran di sejumlah pelantar dan pelabuhan di wilayah hukum Polres Bintan,” tutupnya. (met)