Metro Bintan

Rp 1 Miliar untuk Pagar Pelabuhan Bongkar Muat Teluk Sasah

batampos.co.id – Pemerintah pusat dikabarkan akan mengalokasikan anggaran sekitar Rp 1 miliar untuk pemagaran lahan di lokasi yang nantinya dijadikan kawasan pelabuhan bongkar muat di Desa Teluk Sasah Kecamatan Seri Kuala Lobam Kabupaten Bintan.

“Tahun ini ada alokasi anggaran pemagaran. Untuk pembangunan belum dilakukan tahun ini. Tahun depan semoga bisa dimulai pekerjaan pembangunan pelabuhan bongkar muat,” kata dia.

Bupati mengatakan, pelabuhan bongkar muat yang diusulkan Pemkab Bintan bersama UPP Tanjunguban ini nantinya akan dibiayai APBN. Sedangkan pelabuhan bongkar muat di Tanjunguban, katanya dibiayai APBD Provinsi Kepri.

Sejauh ini katanya, beberapa persyaratan administrasi sudah dilengkapi termasuk surat hibah lahan yang akan dijadikan kawasan pelabuhan bongkar muat tersebut. Bahkan rencana pembangunan pelabuhan ini sudah masuk dalam Rencana Induk Pelabuhan) di pusat.

Sementara itu, Kepala UPP Tanjunguban Fakhrin Riza membenarkan tahun ini akan direalisasikan pekerjaan pemagaran di lokasi pelabuhan bongkar muat di Desa Teluk Sasah. Soal kisaran anggaran, dia masih merahasiakan karena nanti akan dilelang oleh pemerintah pusat.

Terkait administrasinya, dia mengatakan, ada beberapa dokumen yang harus direview ulang. Namun beberapa data itu akan diajukan kembali tahun ini.

Dia berharap, pembangunan pelabuhan bongkar muat di Desa Teluk Sasah bisa dimulai tahun 2020 mendatang.

Untuk diketahui, pembangunan pelabuhan ini akan menghabiskan anggaran sekitar Rp 299 miliar. Dibangun dalam dua tahap dengan dibiayai APBN. Tahap pertama dikucurkan sekitar Rp 88 miliar sedangkan tahap kedua sekitar Rp 211 miliar. (met)