Metro Bintan

2019, Investasi Bintan akan Berkembang

Bupati Bintan, Apri Sujadi berdiskusi tentang iklim investasi di Bintan dengan Vice Presiden PT. BRC, Frans Gunara. F.Kominfo Pemkab Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Bupati Bintan, Apri Sujadi optimis tahun 2019 iklim investasi di Kabupaten Bintan akan berkembang lebih baik. Menurutnya, ketika investor, baik itu badan usaha, perorangan atau pemerintah melakukan investasi maka akan ada sejumlah modal yang ditanam.

Kemudian akan ada sejumlah pembelian barang–barang yang tidak dikonsumsi namun digunakan untuk produksi, sehingga akan dapat menghasilkan barang dan jasa yang dapat dimanfaatkan di masa depan.

Investasi sambungnya, juga menimbulkan multiplyer effect bagi kegiatan ekonomi serta mampu menciptakan lapangan kerja baru.

“2019 kita optimis iklim investasi mampu berkembang lebih baik, beberapa perda juga sudah dirancang untuk peningkatan iklim investasi. Diantaranya, untuk meningkatkan investasi di kawasan Lobam.

Dulunya, banyak investor industri kecil-menengah  yang ingin berinvestasi di Lobam namun karena aturannya hanya industri berat, sehingga industri menengah kecil tidak bisa,” ujarnya di Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Rabu (9/1) pagi.

Selain itu, dirinya juga menyinggung perihal perkembangan beberapa proyeksi investasi seperti pembangunan bandara busung dan juga fasilitas KEK Galang Batang yang beberapa waktu lalu sudah diresmikan.

“Saat ini perkembangan investasi juga  sudah semakin membaik, dari tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Data Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Kabupaten Bintan per November 2018 sebanyak 36 PMA berinvestasi dengan nilai Investasi mencapai 147,22 Juta US Dollar serta 12 PMDN yang menanamkan investasinya mencapai Rp 620 miliar di Kabupaten Bintan.

Dari 36 perusahaan tersebut, 33 diantaranya bergerak di Bidang Usaha Hotel Bintang Lima dan Villa dengan Kategori Villa yg akan dibangun Super Luxury Villa dengan konsep Wellness Resorts dan terpadu dengan rata-rata nilai investasi yang ditanamkan masing-masing perusahaan sebanyak 4 juta US Dollar.(met)