Metro Bintan

Harga Cabai Makin Pedas

Dijual Rp 50 per Kilogram

Pedagang cabai di Pasar Baru Tanjunguban, baru-baru ini.F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id –¬†Harga cabai makin pedas. Bahkan cabai merah medan di wilayah Kijang Kecamatan Bintan Timur dijual seharga Rp 50 ribu per kilogram. Sedangkan di wilayah Tanjunguban Kecamatan Bintan Utara harga cabai merah medan berkisar Rp 38 ribu per kilogram.

Sementara cabai rawit di Kijang Kecamatan Bintan Timur dijual seharga Rp 38 ribu per kilogram dan cabai rawit di Tanjunguban Kecamatan Bintan Utara dijual seharga Rp 32 ribu per kilogram.

PPNS Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Kabupaten Bintan, Setia Kurniawan mengatakan, makin pedas harga cabai di pasaran karena dipengaruhi tarif kargo pesawat yang makin mahal.

“Tarif kargo pesawat yang makin mahal sangat mempengaruhi harga cabai di pasaran, apalagi komoditi cabai masih didatangkan dari medan dan NTB,” kata dia.

Saat ini, dia mengatakan, cabai merah medan di wilayah Bintan bagian Timur seharga Rp 50 ribu per kilogram. Sedangkan di wilayah Bintan bagian Utara berkisar Rp 38 ribu per kilogram.

Untuk cabai rawit di Bintan bagian Timur dijual Rp 38 ribu per kilogram sedangkan cabai rawit di Bintan bagian Utara dijual seharga Rp 32 ribu per kilogram.

“Tanjunguban (Bintan Utara) lebih murah karena dikirim dari Brebes melalui Batam, ongkosnya lebih irit dan cepat. Sedangkan dari¬† Kijang (Bintan Timur) lebih mahal karena dipasok dari distributor yang ada di Tanjungpinang, makanya harganya berbeda,” kata dia.

Menurutnya, terjadi kenaikan harga berkisar Rp 3 hingga Rp 7 ribu per kilogram. Seperti di Bintan Timur, harga cabai merah medan biasanya Rp 45 ribu per kilogram menjadi Rp 50 ribu per kilogram.

“Cabai rawit kemarin Rp 36 ribu sekarang Rp 38 ribu per kilogram, lalu cabai hijau kemarin Rp 28 ribu sekarang sudah menjadi Rp 35 ribu per kilogram,” kata dia.

Dalam kesempatan itu, dia menginformasikan bahwa stok bawang merah brebes di Kabupaten Bintan sudah kembali berangsur normal. Dalam 2 pekan terakhir bawamg merah berebes yang masuk ke Kabupaten Bintan sekitar 7,5 ton.

“Minggu kemarin 3,5 ton, minggu sekarang masuk lagi 4 ton,” tutup dia. (met)