Kabar Pemkab

Anggaran Dana Desa Naik Jadi Rp 104 Miliar

7 Desa di Tambelan Terima Rp 19,8 Miliar

Bupati Bintan Apri Sujadi dan Kadis PMD Bintan Ronny Kartika meninjau pembangunan desa di Kecamatan Tambelan. F.Diskominfo untuk Batam Pos

batampos.co.id – Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2019 yang bersumber baik dari APBN maupun APBD Kabupaten Bintan naik dibandingkan tahun sebelumnya.

Tahun ini, anggaran dana desa yang diterima 36 desa di Kabupaten Bintan naik sekitar Rp 20,1 miliar jika dibandingkan DD tahun lalu sekitar Rp 83,9 miliar sehingga menjadi sekitar Rp 104 miliar.

Demikian disampaikan Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bintan, Ronny Kartika, Kamis (17/1) siang.

Ia merincikan, Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBN Kabupaten Bintan naik sekitar Rp 14 miliar dari sebelumnya Rp 50,075 miliar menjadi Rp 64,2 miliar.

Kenaikan juga terjadi untuk anggaran Dana Desa (DD) dari APBN yang diterima Pemkab Bintan naik Rp 6 miliar yang semula Rp 30,903 miliar menjadi Rp 36,8 miliar.

Tidak cuma itu, ia mengatakan Pemkab juga mengucurkan Dana Bagi Hasil Pajak dan Retribusi sekitar Rp 3 miliar sehingga total Pagu APBDes tahun 2019 mencapai sekitar Rp 104 miliar.

Dari jumlah itu, 7 desa di Kecamatan Tambelan menerima kucuran sekitar Rp 19,8 miliar.

Sementara itu, Bupati Bintan Apri Sujadi meminta agar  penggunaan anggaran Dana Desa tidak hanya menyasar untuk urusan infrastruktur saja. Tetapi juga, dapat digunakan untuk keperluan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa serta inovasi desa.

Dia menilai pentingnya kolaborasi dalam membangun desa, tidak saja menyasar infrastruktur namun juga pemberdayaan ekonomi.

Dia juga mengimbau untuk kegiatan inovasi dan ide-ide inovatif serta pengembangan BUMDes yang diharapkan mampu menggerakkan perekonomian desa sekaligus memajukan desa itu sendiri.

Menurutnya, harus ada inovasi bagi pemanfaatan anggaran dana desa untuk pengembangan dan kemajuan desa itu sendiri sekaligus memberdayakan dan menggerakkan perekonomian masyarakat desa. (met)