Kabar Pemkab

Tinjau Desa Numbing, Apri Berharap Segera Dialiri Listrik

Bupati Bintan, Apri Sujadi menyapa masyarakat saat meninjau pembangunan di Desa Numbing Kecamatan Bintan Pesisir, Senin (21/1). F.Diskominfo Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Bupati Bintan, Apri Sujadi melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Desa Numbing, Kecamatan Bintan Pesisir, melihat progres beberapa pembangunan di Desa Numbing, Senin (21/1) pagi.

Apri mengatakan, untuk listrik di Desa Numbing, beberapa tiang listrik dan kabel sudah terpasang. Tinggal persiapan mesin yang akan didatangkan PLN.

“Alhamdulillah, tiang dan kabel sudah terpasang. Tinggal mesin dari PLN. Informasinya sedang tahapan pelelangan,” ujarnya.

Sejauh ini, Pemkab terus berkoordinasi dengan pihak PLN supaya listrik di Desa Numbing dapat direalisasikan secepatnya.

Selain melihat fasilitas listrik di sana, Apri juga mengunjungi SMA Negeri 1 Bintan Pesisir. Dia melihat infrastruktur penunjang apa yang perlu ditingkatkan di sekolah tersebut. Karena bidang pendidikan menjadi salah satu prioritas pemerintahannya.

Dalam kesempatan itu, Apri juga melantik dan mengukuhkan Kelompok Nelayan Numbing Bahari Periode 2018-2021 serta melakukan temu wicara bersama masyarakat Desa Numbing.

Untuk kelompok nelayan yang baru saja dilantik, dia meminta koordinasinya terkait nelayan-nelayan di Desa Numbing.

Hal ini agar bantuan yang diserahkan pemerintah nantinya mampu berdayaguna dan bermanfaat bagi nelayan.

Sementara itu , Kepala Dinas PMD Kabupaten Bintan Ronny Kartika menuturkan pihaknya terus mendorong pemerintah desa untuk mampu berkreativitas dalam meningkatkan dan mensejahterakan masyarakat.

Salah satunya melalui peningkatan APBDes melalui anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Dikatakannya juga untuk tahun ini, khusus Kecamatan Bintan Pesisir alokasi anggaran APBDes berjumlah sekitar Rp 10,8 miliar yang terdiri dari Desa Kelong Rp 2,8 miliar, Desa Mapur Rp 2,4 miliar, Desa Numbing Rp 3,2 miliar dan Desa Air Glubi Rp 2,4 miliar.

“Tahun 2018, APBDes 36 Desa hanya berkisar Rp 83,9 miliar. Namun, dengan kebijakan Pak Bupati melalui penambahan Alokasi Dana Desa (ADD)  yang berasal dari APBD Kabupaten Bintan yang semula Rp 50,075 miliar naik Rp 14 miliar menjadi Rp 64,2 miliar,” tutupnya. (met)