Kabar Pemkab

Ada Internet Gratis di Bintim dan Binut

Bupati Bintan, Apri Sujadi saat meninjau Pemasangan Fasilitas Internet Gratis di Mesjid Raya Nurul Iman, Kijang, kemarin. F.Diskominfo Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bintan mulai membenahi infrastruktur akses internet di sejumlah kecamatan.

Dalam pembenahan dan pengembangan infrastruktur layanan internet, Diskominfo Bintan rencananya menggandeng PT.Icon Plus.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bintan, Aupa Samake mengutarakan saat ini, sudah dibangun 2 fasilitas internet gratis di dua kecamatan yang padat penduduk yaitu Kecamatan Bintan Timur (Bintim) dan Kecamatan Bintan Utara (Binut).

“Saat ini fasilitas internet gratis bisa digunakan untuk masyarakat umum khususnya para pelajar. Lokasinya di Mesjid Raya Nurul Iman, Kecamatan Bintan Timur dan di Gedung Community Centre, Kecamatan Bintan Utara,” ujarnya saat dihubungi, Rabu (23/1) pagi.

Dikatakannya juga saat ini, Diskominfo Kabupaten Bintan  akan mengembangkan konsep akses internet yang menggunakan jaringan Fiber Optik.

“Jaringan fiber optik akses lebih cepat, untuk di pulau-pulau kita koordinasi ke desa-desa terlebih dahulu terkait progress satelit Manggoes Sky,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan salah satu tugas penting Diskominfo Bintan adalah mengintegrasikan seluruh sistem informasi dan data, khususnya permasalahan jaringan internet.

“Tugas penting Diskominfo Bintan nantinya selain memberikan akses pelayanan informatika, juga bagaimana menjalin dan membangun integrasi jaringan atas sistem pelaporan pemerintahan yang lebih efektif dan efisien,” ujarnya.

Dikatakannya juga saat ini, sesuai dengan perkembangan zaman pembangunan yang melibatkan teknologi akan menjadi sangat penting untuk dilakukan. Upaya pengintegrasian melalui aplikasi tentunya juga akan memudahkan kinerja pemerintahan yang berbasis elektronik.

“Memang tidak mudah untuk mewujudkannya, namun bukan berarti tidak mungkin. Sangat dibutuhkan kerja keras dan dukungan semua pihak, saya yakin bisa terealisasi. Nantinya, yang kita inginkan agar semua sistem pelayanan dan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat bisa diintegrasikan oleh Diskominfo,” tutupnya. (met)