Peristiwa

Lahan Pemkab Dikeruk Swasta

Dewan dan Satpol PP Sidak ke Lokasi

Komisi II DPRD Bintan dan Satpol PP Sidak ke lokasi lahan milik Pemkab yang ditambang di Kelurahan Tembeling Tanjung Kecamatan Teluk Bintan, Rabu (23/1). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bintan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke lokasi lahan yang diklaim milik Pemkab Bintan yang dikeruk oleh salah satu perusahaan tambang di Kelurahan Tembeling Tanjung Kecamatan Teluk Bintan, Rabu (23/1) sekitar pukul 10.00 WIB.

Anggota DPRD Bintan, Umar Ali Rangkuti mengatakan pihaknya menerima adanya aktivitas pertambangan bijih bauksit di lokasi lahan milik Pemkab Bintan.

“Kita hanya ingin menanyakan izinnya. Siapa yang mengeluarkan?,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan masalah ini sudah ditanyakan ke pemerintah kecamatan. Herannya pemerintah kecamatan tidak mengetahui adanya aktivitas pertambangan ini.

“Seharusnya sebagai camat memahami kondisi wilayahnya. Dia saja binggung saat kami tanyakan soal izinnya,” kata dia.

Anggota Komisi II lainnya, Lamen Sarihi juga mempertanyakan bagaimana bisa lahan milik Pemkab dikelola swasta. Jika memang ada yang mengeluarkan izinnya, silakan ditunjukkan ke pihaknya.

“Hasilnya ke mana, seharusnya masuk kas daerah. Itu juga jika ada izinnya,” katanya.

Lamen juga mengatakan, sebenarnya Satpol PP sudah tiga kali memasang garis Satpol PP line di lokasi tersebut. Namun garis Satpol PP selalu dicopot pihak perusahan.

“Kita akan cari dulu siapa perusahaannya, nanti akan kami panggil,” ungkapnya. (met)