Kabar Pemkab

24 BUMDes Sumbangkan PADes Rp 165 Juta

PADes Terbesar BUMDes Anugerah Ekang Anculai

Bupati Bintan, Apri Sujadi bersalaman dengan warga Bintan Pesisir dalam kunjungan kerjanya, belum lama ini. F.Dinas Kominfo Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Sudah ada 24 BUMDes yang memiliki penghasilan sendiri. Tahun lalu, 24 BUMDes ini menyumbang Pendapatan Asli Desa (PADes) dengan total sekitar Rp 182 juta.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Bintan Ronny Kartika, mengatakan hingga saat ini, BUMDes yang sudah terbentuk di semua desa yaitu berjumlah 34 Bumdes.

Namun demikian tahun 2018, sudah ada 24 BUMDes yang sudah mampu dan memiliki penghasilan sendiri.

Dikatakannya, jumlah BUMDes yang memberikan PADes kenaikan cukup signifikan.

Tahun 2016 hanya 5 BUMDes yang memberikan PADes, tahun 2017 naik menjadi 13 BUMDes yang mampu menyumbangkan PADes dan untuk tahun 2018 kemarin total sudah 24 BUMDes yang memberikan PADes dengan penghasilan dengan total mencapai sekitar Rp 165 juta.

Dari 24 BUMDes tersebut ada 5 BUMDes yang menyumbang PADes yang cukup besar.

Diantaranya, BUMDes Anugerah Ekang Anculai Desa Ekang Anculai dengan total Rp 36 juta lebih, BUMDes Mitra Perdana Desa Teluk Sasah dengan total Rp 23 juta lebih, BUMDes Tri Bakti Karya Desa Toapaya Utara dengan total Rp 12, 5 juta lebih, BUMDes Dendang Betuah Desa Busung dengan total Rp 11 juta lebih, BUMDes Mitra Karya Sejahtera Desa Toapaya Selatan dengan total Rp 8,8 juta lebih.

“Tahun 2019 ini, kita targetkan agar lebih banyak lagi BUMDes yang mampu menyumbang penghasilan bagi peningkatan PADes,” tutupnya.

Sementara itu Bupati Bintan Apri Sujadi, meminta agar Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mampu mengelola semua potensi desa yang dimiliki untuk kemajuan desa.

Dikatakannya juga bahwa keberadaan BUMDes hendaknya harus menjadi akses kemajuan dan pembangunan desa.

“BUMDes harus menjadi mesin, bagi pembangunan desa itu sendiri. Kita harapkan keberadaan BUMDes nantinya, harus mampu menjadikan desa itu lebih mandiri,” ujarnya. (met)