Metro Bintan

Tekan Golput, KPU Bintan Terjunkan Relawan Demokrasi

Relawan Demokrasi Harus Independen & Tak Memihak

Relawan Demokrasi usai dikukuhkan KPU Kabupaten Bintan di Hotel Aston Tanjungpinang, Selasa (29/1). F KPU Kabupaten Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Tekan angka golput, KPU Kabupaten Bintan menerjunkan 55 orang relawan demokrasi.

“Relawan diharapkan mampu meningkatkan kualitas pemilu dengan menekan angka golput,” kata Komisioner KPU Bintan, Haris Daulay kepada Batam Pos, Rabu (30/1) siang.

Dia menjelaskan, 55 orang relawan demokrasi yang dikukuhkan di Hotel Aston Tanjungpinang, Selasa (29/1) terdiri dari 11 basis.

11 basis tersebut ialah basis pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, komunitas, marginal, keagamaan, disabilitas, basis kebutuhan khusus dan basis netizen.

Dia juga mengatakan,  relawan  demokrasi merupakan komponen penting dalam penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019. Relawan diminta melakukan sosialisasi terikat kode etik yang mengharuskan independen dan tidak memihak peserta pemilu.

“Relawan demokrasi terikat kode etik yang mengharuskan mereka bersifat imparsial dalam menjalankan tugasnya,” ujar Haris.

Dia juga berpesan kepada relawan demokrasi memberikan kesejukan di tengah-tengah masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu.

“Relawan harus memberikan kesejukan pelaksanaan pemilu di tengah-tengah masyarakat,” tutupnya. (met)