Metro Bintan

Cuaca Ekstrem, Nelayan Jangan Paksakan Melaut

Keluarga nelayan tersenyum menerima paket sembako yang dibagikan Satpolair Polres Bintan, Kamis (31/1) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Melihat cuaca yang kurang bersahabat, nelayan di Kabupaten Bintan sebaiknya berhati-hati apabila hendak melaut.

“Jangan memaksakan diri untuk melaut bila cuaca masih ekstrem,” kata Kasat Polair Polres Bintan, AKP Suardi saat bertandang ke rumah nelayan di daerah pesisir pantai Desa Sebong Lagoi Kecamatan Teluk Sebong, Kamis (31/1) siang.

Dia juga mengingatkan nelayan untuk waspada terhadap perubahan cuaca yang bisa sewaktu waktu terjadi. Karena sudah beberapa kali kecelakaan terjadi di laut yang diakibatkan cuaca buruk.

Terakhir pompong yang dinaiki nelayan Galang Batang tenggelam usai dihantam ombak. Beruntung ketiga nelayan yang hanyut selamat karena berpegangan pada tutup kotak fiber.

Pria dengan pangkat balok tiga ini juga mengimbau nelayan sebaiknya memantau perkembangan cuaca yang selalu di update Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Dikarenakan banyak nelayan tak melaut, dia mengatakan pihaknya membagikan sembako ke nelayan.

“Harapannya sembako ini bisa meringankan beban mereka selama tidak melaut,” tutup dia. (met)