Peristiwa

Langgar Aturan, Spanduk dan Baliho Ditertibkan

Banyak Dipasang di Pohon dan Cantumkan Logo KPU

Bawaslu Kabupaten Bintan menertibkan spanduk dan baliho yang dipasang tidak sesuai ketentuan di Jalan Raya Lintas Barat, Simpang Pasar Tani Kecamatan Toapaya, Kamis (31/1). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Bintan bersama jajaran Panwaslu se Kabupaten Bintan melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) peserta pemilu secara serentak, Kamis (31/1).

APK yang ditertibkan berupa spanduk dan baliho calon legislatif (caleg) yang dipasang sembarangan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bintan, Febriadinata mengatakan sebelum penertiban APK, Bawaslu Kabupaten Bintan sudah melakukan koordinasi dengan penghubung masing-masing partai.

Karena ditemukan adanya pemasangan APK peserta pemilu yang tidak mengindahkan aturan zonasi pemasangan APK sesuai SK KPU Nomor : 53 / PL.01.5-Kpt/2101/2019, maka Bawaslu Kabupaten Bintan bersama jajarannya melakukan penertiban.

“Bagi yang melanggar, kita tertibkan. Saat ini jumlahnya masih direkap se kecamatan,” kata dia.

Dia juga berharap ke depan pemasangan APK bisa mengikuti aturan yang sudah ditetapkan.

Sementara itu, Komisioner Divisi Penindakan Pelanggaran Panwascam Toapaya, Safei mengatakan, untuk di wilayah Toapaya, pihaknya menertibkan 32 spanduk dan 1 baliho milik partai politik dan 3 spanduk milik calon DPD.

“Kita tertibkan karena memasang di luar zonasi dan memasang logo KPU. Kemudian ada yang dipasang di pohon. Jangan dipasang di pohon atau tiang listrik, tidak boleh,” kata dia.

Dia berharap, ke depan peserta pemilu bisa mentaati aturan yang sudah dibuat. (met)