Metro Bintan

Tanjunguban Tambah 2.240 Tabung Gas 3 Kg

Jelang Perayaan Imlek

Antrean masyarakat mementeng tabung gas 3 kilogram terlihat di pangkalan agen yang ada di SPBU Tanjunguban, Jumat (1/2) pagi. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Jelang Hari Raya Imlek 2019, ketersediaan tabung gas 3 kilogram di Tanjunguban ditambah.

Bila biasanya tabung gas 3 kilogram yang didistribusikan di Tanjunguban sekitarnya berkisar 5 LO atau sekitar 2.800 tabung per hari. Namun, menjelang Hari Raya Imlek 2019 akan dilakukan penambahan 4 LO atau sekitar 2.240 tabung gas 3 kilogram.

“Ditambah 4 LO. 2 LO akan didistribusikan besok (Sabtu) dan 2 LO Senin,” kata Alang agen gas 3 Kilogram dari PT. Mitra Cipta Abadi, Jumat (1/2) kemarin.

Sehingga, Sabtu (2/2), tabung gas 3 kilogram yang didistribusikan dari biasanya 5 LO atau berkisar 2.800 tabung menjadi sekitar 7 LO sehari atau berkisar 3.920 tabung. Demikian juga jumlah tabung gas yang didistribusikan pada Senin (4/2) dari biasanya 5 LO atau sekitar 2.800 tabung menjadi 7 LO atau berkisar 3.920 tabung.

Pantauan di lapangan, terlihat antrean mengular di salah satu pangkalan gas 3 kilogram di SPBU Tanjunguban.

Pengawas di SPBU tersebut, Pardi mengatakan, sudah tiga hari terakhir masyarakat mengantre untuk mendapatkan tabung gas 3 kilogram.

“Kemarin malah sampai ke jalan, yang belakang tidak dapat,” katanya.

Ia mengatakan, sehari biasanya tabung gas 3 kilogram yang diturunkan di pangkalan tersebut sekitar 150 tabung per hari.

“Biasanya kalau didrop 150 tabung, sebentar saja habis. Kemarin ada tambahan 250 tabung jadinya 400 tabung yang didrop. Sisanya kemarin 65 tabung,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi kekurangan, ia mengatakan, pihaknya menerapkan 1 tabung 1 orang. “Cukup beli 1 tabung, tidak boleh lebih,” kata dia.

Sementara Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Bintan, Dian Nusa ketika dihubungi, Jumat (1/2) siang membenarkan ada penambahan tabung gas 3 kilogram.

Dari tiga agen gas 3 kilogram yang ada di Kabupaten Bintan, baru 1 agen yang dipastikan melakukan penambahan tabung gas 3 kilogram.

“Baru agen PT. Mitra Cipta Abadi yang dipastikan tambah 4 LO, sedangkan dua agen lainnya belum diputuskan. Kepastiannya apakah ada penambahan 1 LO atau 2 LO, baru Senin,” tutup dia. (met)