Hukum-Kriminal

Sepanjang Januari, 35 Kasus DBD di Bintan

Penderita Terbanyak di Bintim, Ada 21 Kasus

Petugas kebersihan melakukan fooging dan pembasmian jentik nyamuk di Kijang Kecamatan Bintan Timur, Selasa (5/2) pagi. F.Kelurahan Kijang Kota untuk Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan mencatat kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Bintan sepanjang Januari 2019 mencapai 35 kasus DBD.

21 kasus DBD diantaranya berada di Kecamatan Bintan Timur (Bintim). Bahkan sebanyak 80 persen penderita DBD dari kalangan anak-anak, sedangkan sisanya orang dewasa.

Loading...

Bupati Bintan Apri Sujadi meminta agar camat, lurah dan Dinas Kesehatan dapat segera melakukan gotong royong di lingkungan masing-masing, termasuk melakukan fogging.

Tidak saja antisipasi gotong royong dan fogging, masyarakat juga diminta untuk membersihkan lingkungan rumahnya masing-masing.

“Sudah kita instruksi kan camat, lurah, RT/RW untuk goro dan fogging di lingkungan masing-masing,” katanya.

Namun menurutnya, fogging saja hanya bisa memutuskan atau membunuh nyamuk, sedangkan jentik atau telur nyamuk tidak bisa diputuskan.

Oleh karena itu, katanya maka sangat diperlukan adanya kesadaran masyarakat untuk membersihkan lingkungan rumah masing-masing.

Sementara itu, Lurah Kijang Kota, Anton Hatta Wijaya mengatakan pihaknya sudah menginventarisir dari 21 jumlah penderita DBD berada di Kecamatan Bintan Timur.

“Semuanya warga Kelurahan Kijang Kota yang terletak di Kampung Beringin, Kampung Kolongenam dan sekitarnya,” kata dia.

Saat ini katanya, pihaknya sudah menggerakkan perangkat RT/RW untuk melakukan gotong royong di lingkungan tempat tinggal.

“Hari ini kita sudah melakukan kegiatan fogging secara bertahap di seluruh perkampungan,” katanya.

Dikhususkan di fasilitas umum, serta rumah-rumah warga. “Juga kita berikan bubuk abate,” tutupnya. (met)

Loading...