Kabar Pemkab

Karhutla di Bintan Terus Meningkat

Bupati : Semua Harus Proaktif

Bupati Bintan, Apri Sujadi.F.Istimewa

batampos.co.id – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang meningkat di Bintan mengundang keprihatinan Bupati Bintan, Apri Sujadi.

Dia meminta kepada semuanya baik unsur pemerintah, dan elemen masyarakat proaktif dalam mencegah karhutla.

“Harus kita antisipasi bersama-sama dan proaktif antara unsur pemerintah dengan segenap elemen masyarakat,” katanya.

Selain prihatin atas musibah alam ini, dia juga mengimbau masyarakat tidak sembarangan membuang puntung rokok atau membakar sampah.

“Lagi musim panas saat ini, api sekecil apapun mudah membakar rumput, lahan maupun hutan,” kata dia.

Oleh karenanya, warga diminta hati-hati, jangan sembarangan bermain api, membuang puntung rokok ataupun meninggalkan bekas bakar sampah yang masih ada apinya di lokasi perkebunan.

Kepala BPBD Kabupaten Bintan, Naharudin juga membenarkan akhir-akhir ini, telah terjadi kebakaran lahan dan hutan di sejumlah titik di Kabupaten Bintan.

Bahkan diakuinya, BPBD Kabupaten Bintan mencatat rentang Januari hingga Februari 2019 ini setidaknya 20 titik yang didata terjadi kebakaran.

“Sudah memasuki musim panas kemarau. Sering kita mendapat laporan kebakaran lahan dan hutan. Masyarakat bersama-sama pemerintah harus lebih  proaktif, dan bila ada warga yang buka lahan koordinasi terlebih dahulu. Karena bukan tidak mungkin, lokasi titik api akan terus bertambah, perlu pencegahan dan peran proaktif kita bersama,” tutupnya. (met)