Metro Bintan

Tahun ini Jembatan Kampung Belak akan Dibangun

Seorang warga melintasi Jembatan Belak di Kampung Belak Desa Penaga Kecamatan Teluk Bintan, pada Jumat (15/2) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id –┬áKondisi Jembatan Belak yang menghubungkan RT 006 dan RT 008 Dusun II Kampung Belak Desa Penaga Kecamatan Teluk Bintan makin memprihatinkan.

Sementara akses jalan menuju kampung tersebut sangatlah pernuh rintangan. Bila masuk dari jalan lintas lama, awalnya saja jalan beraspal. Namun beberapa kilometer berikutnya, jalannya cukup menantang. Tidak rata, berbatu dengan tanah dan batu kemerahan.

Belum lagi jalannya berbukit dan menurun cukup terjal. Kanan dan kiri jalan masih hutan besemak. Tiga meter menuju Kampung Belak, tidak satupun kendaraan yang bersalipan. Rumah pun terlihat satu satu dengan jarak lumayan jauh. Baru ramai setibanya di Kampung Belak.

Jika dari jalan lintas barat, rintangannya ketika air laut pasang. Maka jalan yang biasa dilalui masyarakat tengelam. Jembatannya juga ikut tenggelam.

Di ujung jalan, terlihat sungai dan terlihat seorang warga mesti extra hati-hati melalui jembatan yang terbuat dari kayu gelondongan ala kadarnya tersebut.

Kayu satu dan lainnya sepertinya tidak terpaku dengan kuat. Saat lewat di atasnya, semua kayu rasanya bergoyang. Badan pun ikut bergoyang.

Alimsyah Ketua RT 06 RW 04 Kampung Belak Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan menuturkan, sudah berulang kali diusulkan dalam musrenbang. Namun baru tahun ini pengharapan itu akan menjadi kenyataan.

“Belum lama ini kami ke kantor bupati, tapi Pak Bupati tidak di tempat. Kemudian ke kantor dewan, juga tidak ada. Setelahnya ke Dinas PUPR, Alhamdulillah katanya akan dibangun bulan 7 ini,” kata Alim ketika Batam Pos bertandang ke kediamannya di Kampung Belak, Jumat (15/2) siang.

“Kadis PUPR bilang dia sudah menyampaikan ke Pak Bupati, kata Pak Bupati sampaikan ke masyarakat akan direalisasikan tahun ini. Tahapan lelang akan dimulai bulan Mei atau Juni, pelaksanaan bulan Juli. Kata Pak Bupati juga masyarakat jangan ngamok ngamok lagi,” katanya menirukan ucapan Kadis PUPR Herry Wahyu.

Menurutnya, jembatan ini sangat penting karena memudahkan anak-anak dari kampung lain yang bersekolah di Kampung Belak ada SD Negeri 013. Juga memudahkan guru dari Tanjungpinang atau daerah lainnya yang mengajar di SDN 013 Kampung Belak.

“Ya jadi akses sehari hari mereka,” kata dia.

Dikatakannya pihak desa sudah menanggapi baik rencana pembangunan jembatan di Kampung Belak.

“Tanggal 11 kemarin, musrenbang kecamatan. Kami ke sana dan tanggapannya bagus. Semoga saja pemerintah tidak bohong dan tidak dialihkan lagi ke lainnya,” harap dia.

Sementara Kades Penaga Hamrudin mengatakan rencananya akan dibangun tahun ini, namun menunggu tahap pelelangan. Katanya, pihak Dinas PUPR sudah ke lokasi. (met)