Kabar Pemkab

Rp 14,8 Miliar untuk Bangun Jembatan Belak

Lelang Juni, Pelaksanaan Juli 2019

Sejumlah warga melintasi Jembatan Belak yang menghubungkan Kampung Belak dan Kampung Kemalai di Desa Penaga Kecamatan Teluk Bintan, belum lama ini. F.Dinas Kominfo Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id – Jembatan Kampung Belak yang menghubungkan Kampung Kemalai dan Kampung Belak di Desa Penaga Kecamatan Teluk Bintan dipastikan dibangun tahun 2019.

Pasalnya, pemerintah sudah mengunci anggaran sekitar Rp 14,8 miliar melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dialokasikan ke Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Bintan.

“Jembatan Belak-Kemalai Desa Penaga¬† akan dibangun tahun 2019 ini. Anggaran sudah disiapkan Rp 14,8 miliar melalui APBN di BP Kawasan Bintan,” ujar Bupati Bintan Apri Sujadi Minggu (17/2) pagi.

Pembangunan Jembatan Belak-Kemalai akan dibangun dengan bentang sepanjang 20 Meter dan lebar 7 meter ditambah plus 1 meter untuk bahu kanan dan kiri jembatan.

Dia mengetahui masyarakat di sana sudah lama menantikannya. Sejak lama persoalan ini menjadi perhatian pemerintah, karena itu pihaknya terus berusaha menggesa dan mewujudkan mimpi masyarakat salah satu caranya dengan  menjemput anggaran APBN pusat.

Bila kelak terealisasi jembatan tersebut, dia mengharapkan hal ini menjadi jawaban atas keluhan masyarakat Kampung Belak-Kemalai yang didiami sekitar 60 Kepala Keluarga (KK).

Pasalnya, jembatan ini menjadi akses utama dan satu-satunya jalan yang menghubungkan RT 006 dan RT 008 Dusun II untuk masyarakat beraktivitas.

“Kami berupaya untuk menjangkau semua kebutuhan. Tentu semua itu perlu tahapan proses dan waktu, tahun ini memang jembatan Belak menjadi prioritas dan dipastikan akan dibangun,” ujarnya.

Pembangunan jembatan ini direncanakan akan dimulai pada pertengahan tahun sekitar bulan Juli setelah pelaksanaan lelang pada Mei atau Juni mendatang. (met)