Metro Bintan

Massa Tak Terkendali, Pasukan Huru Hara Diterjunkan

Latgab Dalmas Polres Bintan dan Satbrimobda Kepri

Latgab pengendalian massa menjelang Pemilu 2019 yang dilakukan Polres Bintan dan Satbrimobda Polda Kepri di markas Polres Bintan, Senin (18/2). F.Polres Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id –┬áKepolisian Resor Bintan menggelar latihan gabungan pengendalian massa antara Kompi Dalmas dan Batalyon B Satbrimobda Kepri di markas Polres Bintan pada Senin (18/2) pagi.

Kendaraan pengendali massa mobil Rantis AWC dan sepeda motor raimas dikerahkan. Latihan gabungan meliputi teknik negoisator, teknik Dalmas awal dan Dalmas lanjut serta PHH Brimob.

Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang mengatakan latihan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam menangani pengendalian massa di lapangan.

Diawali menerjunkan tim negoisator, selanjutnya Dalmas Awal kemudian Dalmas Lanjut.

Bila eskalasi sudah meningkat dan massa mulai tidak bisa dikendalikan, maka akan diturunkan Kompi PHH Satuan Brimob.

“Kita melatihkan dan menyiapkan ini semua dalam rangka pengamanan Pemilu 2019, tidak menutup kemungkinan situasi kamtibmas akan berubah sesuai dengan dinamika politik yang terjadi secara nasional,” kata dia.

Untuk itu, sinergitas Kompi Dalmas Polres Bintan dan Kompi PHH harus segera diwujudkan dalam mengantisipasi dan menangani aksi rusuh massa.

Dia juga menegaskan personel Kompi Dalmas agar mengerti tugas dan perannya masing-masing antara lain tahapan pengendalian massa, tingkatan eskalsi dan waktu untuk melaksanakan lintas ganti. (met)