Kabar Pemkab

Kadin Akan Datangkan Operator Kapal

Aktifkan Kembali Pelabuhan International Berakit

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengucapkan selamat kepada pengurus Kadin Bintan usai dilantik, Rabu (20/2) pagi. F.Humas Pemkab Bintan untuk Batam Pos

batampos.co.id –¬†Bupati Bintan, Apri Sujadi menghadiri pelantikan dan pengukuhan pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bintan di de Bintan Villa yang berlokasi di Jalan Lintas Barat Kilometer 34 Bintan pada Rabu (20/2) pagi.

Pelantikan dan pengukuhan pengurus Kadin Bintan dilakukan langsung oleh Akhmad Ma’ruf Ketum Kadin Provinsi Kepulauan Riau.

Apri berharap dengan dilantik dan dikukuhkannya pengurus Kadin Bintan ke depannya bisa bersinergi dengan Pemkab Bintan. Kadin diharapkan bisa ikut memajukan sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Bintan.

Selain itu, banyak regulasi yang harus dibahas diantaranya terkait pengoperasian dan pengaktifan pelabuhan Berakit di Tanjungberakit.

Karena sejauh ini pihaknya sudah menawarkan ke sejumlah operator kapal untuk membuka layanan kapal rute Berakit, Bintan-Malaysia. Namun, hingga saat ini belum ada.

“Kita minta tolong ke Kadin, karena sudah ditawarkan ke operator namun belum ada yang mau,” kata dia.

Ketua Kadin Bintan, Edi Surbakti menyampaikan, seperti yang disampaikan Bupati, Kadin diharapkan bisa ikut memajukan dunia pariwisata di Kabupaten Bintan terlebih tahun 2018 angka kunjungan wisatawan ke Bintan menembus angka 1.100.000 orang.

Sebagaimana dibahas dalam Focua Group Discussion (FGD), dia menyampaikan, Kadin berusaha agar aksesabilitas pariwisata dibuka. Diantaranya berkoordinasi dengan berbagai pihak dalam hal mengaktifkan pelabuhan international Berakit.

“Kalau dibuka akhirnya akan membuka akses pariwisata ke Bintan bagian Timur,” kata dia.

Kemudian lanjutnya,  memperpanjang pengoperasian pelayanan kapal RoRo. Karena banyak wisatawan lokal dari Batam yang berkunjung ke Bintan melalui kapal RoRo.

“Harapan kita pelayanan kapal RoRo Terakhir jam 9 malam. Jadi bila mana ada acara di Bintan, tidak harus buru-buru pulang. Sehingga kegiatan ekonomi di Bintan makin maju,” kata dia menambahkan juga mengusulkan perubahan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). (met)