Metro Bintan

Bawaslu Ajak Warga Laporkan Pelanggaran Pemilu

Anggota Bawaslu Bintan, Dumoranto Situmorang saat sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif bersama pemilih pemula dan pemilih disabilitas di Hotel Comforta Tanjungpinang, Kamis (21/2). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Anggota Bawaslu Kabupaten Bintan, Dumoranto Situmorang mengajak masyarakat aktif dan berani melaporkan bila menemukan adanya dugaan pelanggaran pemilihan umum 2019.

Hal ini disampaikan oleh Dumoranto usai sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif bersama pemilih pemula dan pemilih disabilitas di Hotel Comforta Tanjungpinang pada Kamis (21/2).

Diakuinya, tingkat partisipasi masyarakat untuk melaporkan dugaan pelanggaran pemilu ke Bawaslu masih rendah.

“Dari data yang kita terima, masihlah,” kata dia.

Namun sebenarnya masyarakat sudah mulai menyampaikan informasi awal dugaan pelanggaran pemilu melalui media sosial facebook. Informasi ini biasanya langsung direspon oleh Bawaslu.

Bawaslu, katanya juga sudah memerintahkan Panwaslu Kecamatan untuk mengamati lalu lintas informasi di facebook terkait dugaan pelanggaran pemilu. Namun, sejauh ini hanya 1 orang yang melaporkan dugaan pelanggaran pemilu.

“Bawaslu terus mendorong masyarakat untuk berani melaporkan informasi awal dugaan pelanggaran pemilu,” kata dia.

Bahkan Bawaslu kata dia, sudah beberapa kali melakukan sosialisasi sampai ke tingkat kecamatan diantaranya terkait syarat dan mekanisme melaporkan dugaan pelangaran pemilu.

“Kita turun gunung. Kita sampaikan juga yang boleh dan tidak boleh, penangaanan pelanggarannya juga kita sampaikan,” tutup dia.(met)