Metro Bintan

Dua Jam, 1 Ton Sampah Terkumpul

Dari Area Pasar Hingga Laut

Ketua Pengurus Cabang Bhayangkari Bintan, Lenni Ratnasari Boy Herlambang turut serta memungut sampah di laut sempena HPSN di Tanjunguban, Kamis (21/2) pagi. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Ratusan orang dari berbagai unsur turut dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Tanjunguban Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan, Kamis (21/2) pagi.

Aksi bersih-bersih ini diinisiasi Polres Bintan dengan melibatkan Bataliyon Satbrimobda Polda Kepri, Koramil, Fasharkan TNI AL Mentigi, dan pelajar.

Peserta aksi terlihat antusias memungut sampah dimulai sekitar pukul 08.00 WIB di Pelabuhan Bulang Lingi Tanjunguban. Kemudian dengan berjalan kaki memungut sampah di kawasan pertokoan Pasar Lama Tanjunguban hingga ke kawasan Pelabuhan ASDP Tanjunguban.

Tidak hanya itu, Kapolres bersama jajaran juga memungut sampah di pesisir dan laut dengan menaiki kapal patroli Satpolair Polres Bintan. Aksi berakhir sekitar pukul 10.00 WIB.

“Dari dua jam aksi, sudah kita timbang berat sampah yang terkumpul sekitar 1 ton, kebanyakan sampah plastik,” kata Kapolres Bintan, AKBP Boy Herlambang.

Boy mengatakan, aksi ini dilaksanakan serentak di dua wilayah. Di Tanjunguban dan Kijang Kecamatan Bintan Timur. Tujuan aksi ini selain memperingati HPSN, juga katanya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat.

“Jadilah masyarakat yang peka terhadap sampah dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat. Setop juga penggunaan plastik dan tidak membuang sampah di laut,” tutupnya. (met)