Metro Bintan

Sepanjang Februari, 24 Kasus DBD di Bintan

Ilustrasi

batampos.co.id –┬áKasus Demam Berdarah Dengue (DBD) sejak Januari hingga 22 Februari 2019 sudah terdapat 59 kasus.

Dimana, Januari 2019, terdapat 35 kasus DBD dengan pasien DBD terdiri dari anak-anak dan terbanyak di Kijang Kecamatan Bintan Timur. Kemudian di bulan Februari sampai dengan tanggal 22 Februari 2019 sudah terdapat 24 kasus DBD di Bintan.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan, drg Euis Herawati menyampaikan, bulan Februari ini sampai dengan 22 Februari sudah ada 24 kasus DBD di Kabupaten Bintan. 24 kasus ini tersebar di sejumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Bintan.

Euis mengatakan, pihaknya tidak bosan mengajak semua elemen masyarakat rutin mengaktifkan lagi gerakan serentak pemberantasan sarang nyamuk (Gertak PSN) dengan cara 3 M Plus.

Dia menjelaskan, 3 M Plus dimulai menguras tempat penampungan air, menutup rapat-rapat tempat penampungan air dan mendaur ulang barang yang bisa dijadikan media perkembangbiakan nyamuk.

Sedangkan plusnnya, katanya menaburkan bubuk abate ke tempat penampungan air, menggunakan obat nyamuk, dan memakai kelambu saat tidur dan lainnya.

Selain itu, dia meminta 1 rumah 1 juru pemantau jentik atau jemantik.

“PSN dengan cara 3 M Plus harus dilalukan menyeluruh. Kalau kita saja yang rajin tetangga nggak kita berisiko juga,” tutup dia. (met)