Metro Bintan

Siap Layani Penyeberangan Malam

Astuni Tanggapi Usulan Kadin Bintan

Penumpang kapal RoRo dari Batam turun di Pelabuhan ASDP Tanjunguban, kemarin. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Terkait usulan Kadin Bintan supaya ASDP Cabang Batam melayani penyeberangan kapal RoRo malam hari dari dan ke Bintan dan Batam direspon baik.

“Kalau saya sangat mendukung, nanti saya akan bicarakan kembali dengan Pak GM,” kata Supervisi ASDP Tanjunguban, Astuni, Minggu (24/2).

Dia menyebut, awalnya penyeberangan kapal RoRo di Pelabuhan ASDP merak, Banten dibuka malam.

Dari awalnya melayani penyeberangan malam, selanjutnya pelabuhan ASDP merak akhirnya melayani penyeberangan 24 jam.

“Tidak langsung 24 jam, awalnya melayani penyeberangan malam dahulu baru melayani penyeberangan 24 jam,” kata dia.

Disinggung apa yang menjadi kendala hingga penyeberangan malam belum bisa dilakukan? Kendalanya, menurut Astuni, beberapa instansi belum siap bila harus melayani penyeberangan hingga malam hari.

“Kalau saya, namanya (kerjanya) pelayanan harus siap. Bahkan kalau 24 jam buka penyeberangan kapal RoRo Batam Bintan, saya siap. Tinggal diatur ada shift saja,” kata dia.

Saat ini, dia mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan jalur khusus bagi calom penumpang kapal RoRo yang pejalan kaki.

“Nanti calon penumpang yang pejalan kaki, loketnya beda. Jadi mereka bisa langsung beli tiket di loket tersendiri,” kata dia.

Dia mengatakan, dipisahknya loket calon penumpang yang pejalan kaki dengan yang membawa kendaraan, untuk lebih menertibkan saja.

“Biar tertib saja, kemudian mereka tidak perlu menunggu lama, bisa langsung beli tiket di loket pejalan kaki,” tutup dia.

Diberitkan sebelumnya Ketua Kadin Bintan Edi Surbakti menyampaikan, pihaknya akan berkoordinasi dengan ASDP agar diperpanjang layanan kapal RoRo setidaknya sampai jam 21.00 WIB.

“Harapan kita pelayanan kapal RoRo terakhir jam 9 malam. Jadi bila ada wisatawan dari Batam yang memiliki acara di Bintan, tidak harus buru-buru pulang. Sehingga kegiatan ekonomi di Bintan makin maju,” harap dia. (met)