Metro Bintan

Wagub Akan Turunkan Tim Peneliti

Mengkaji Makam di Kampung Gizi

Wagub Kepri, Isdianto meninjau lokasi makam dikabarkan makam 9 Panglima Bentan di Kampung Gizi, Desa Tembeling Kecamatan Teluk Bintan, Senin (25/2) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Wakil Gubernur Kepri, Isdianto meninjau lokasi makam timbul dikabarkan makam 9 Panglima Bentan berdekatan lokasi bekas pertambangan bauksit di Kampung Gizi Desa Tembeling Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan pada Senin (25/2) siang.

Wagub Isdianto terlihat masih ragu akan lokasi makam tersebut kendati terdapat kain kuning dan bebatuan yang informasinya batu nisan dan sebuah plang nama-nama yang dimakamkan seperti Tok Marwah Wangse (bergelar panglima besi, Tok Sandang Marwah (bergelar dato merah), Tok Mekar Sejagat, Tok Langi Sejagat, Tok Galang Ringgi, Tok Bayu Segare, Tok Langi Segare, Tok Sentani Daun (panglima muda), serta Tom Sandang Range.

“Saya akan turunkan tim peneliti untuk melakukan kajian biar pasti. Kalau benar (makam, red) ini bisa menjadi destinasi wisata religi,” kata dia.

Dia juga mengatakan bila benar lokasi itu terdapat makam maka pihaknya akan menata dan merehabnya sehingga bisa menjadi destinasi wisata religi.

Usai meninjau, Wagub Isdianto bersama rombongan meninggalkan lokasi.

Diberitakan sebelumnya, makam ini menjadi perhatian karena dikabarkan rusak akibat ditambang perusahaan pertambangan.

Saat itu perusahaan pertambangan dan masyarakat telah menyepakati sebelum aktivitas pertambangan dilakukan bahwa perusahaan akan membangun batu miring di lokasi makam. Saat ini sudah terlihat pekerjaan batu miring di lokasi makam yang berada di atas bukit. (met)