Metro Bintan

Dua Surat Suara DPR RI Robek

Ditemukan Saat Pelipatan Surat Suara

Petugas pelipatan surat suara sedang melipat surat suara di gudang Kantor KPU Bintan di Jalan Tata Bumi, Toapaya, Selasa (26/2) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id –┬áKomisi Pemilihan Umum (KPU) Bintan mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara di gudang Kantor KPU Bintan yang berlokasi di Jalan Tata Bumi Ceruk Ijuk Desa Toapaya Selatan Kecamatan Toapaya pada Selasa (26/2).

“Hari ini (Selasa) baru (pelipatan surat suara) DPR RI saja,” kata Komisioner KPU Bintan Syamsul.

Sejauh ini, dia mengatakan, pihaknya sudah menemukan dua surat suara rusak karena robek saat proses pelipatan surat suara.

Surat suara yang rusak, katanya, langsung dipisahkan. “Robek itu bawaan dari perusahaan,” katanya.

Dia juga menyampaikan, sebelum memasuki gudang lokasi penyortiran dan pelipatan surat suara, petugas pelipatan suara suara disterilkan. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga dari hal yang tidak diinginkan.

“Jadi sebelum masuk bekerja mereka harus steril dahulu. Tidak boleh pakai jaket, tidak boleh membawa tas dan barang lainnya,” kata dia.

Selain itu, Bawaslu dan Kepolisian juga mengawasi jalannya pelipatan surat suara yang berlangsung mulai sekitar pukul 08.00 WIB sampai dengan sekitar pukul 16.00 WIB dengan upah sebesas Rp 94 perlembar.

Dia juga menyebutkan, petugas yang dibutuhkan untuk pelipatan surat suara sebanyak 30 orang. Diharapkan proses pelipatan surat suara selesai dalam tempo dua pekan.

“Target kita 11 Maret 2019 selesai,” kata dia.

Surat suara yang diterima KPU Bintan disesuaikan DPTHP2 sebanyak 103.152 surat suara. Dengan tambahan 2 persen maka jumlah surat suara yang diterima KPU Bintan menjadi 105.582 surat suara.

Sementara Anggota Bawaslu Bintan Dumoranto Situmorang mengatakan, pihaknya juga ikut mengawasi jalannya proses pelipatan surat suara.

Setelah dilipat, pihaknya akan mengerahkan Panwaslucam untuk ikut mengawasi pendistribusian surat suara ke kecamatan sehingga tidak ada kekurangan surat suara.(met)