Metro Bintan

Debit Air Waduk Sei Gesek Terus Menyusut

Waduk Sei Gesek terus menyusut akibat musim kemarau yang berkepanjangan dalam beberapa bulan terakhir, Rabu (27/2) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

batampos.co.id – Ketinggian debit air Waduk Sei Gesek di Kelurahan Toapaya Asri Kecamatan Toapaya, Bintan terus menyusut. Ketinggian air jika biasanya 120 centimeter, sementara pada Rabu (27/2) siang berkisar hanya 28 centimeter.

Kepala Bagian Teknik PDAM Tirta Kepri, Tri Wahyu saat ditemui di lokasi waduk, Rabu (27/2) siang menuturkan, menyusutnya ketinggian debit air Waduk Sei Gesek disebabkan musim kemarau yang berkepanjangan.

Bila dalam dua minggu masih tetap kemarau, maka PDAM Tirta Kepri akan memberlakukan pendistribusian air secara bergilir ke lebih dari 4.800 pelanggan di Tanjungpinang Timur. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga debit air.

Dia mengatakan, kemarau ini bisa disebut terparah sepanjang PDAM beroperasi sejak tahun 2013 lalu. Agar air masuk ke dalam sistem intake maka pihaknya membangun tanggul sementara di tengah waduk.

Hal ini agar air bisa tetap beroperasi dan masuk ke sistem inflow sehingga bisa diteruskan ke intake operasional.

Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera IV untuk melakukan pengerukan sebagai upaya pendalaman dan normalisasi sumber air.

“Rencananya besok kami akan ke BWS untuk mengusulkan pendalaman dan normalisasi sumber air,” kata dia. (met)